Hama tumbuhan memang sangat mengganggu. Masalah hama tumbuhan ini juga sanggup terjadi pada tumbuhan hidroponik. Hama tumbuhan hidroponik ini tentu saja menciptakan anda rugi. Kualitas tumbuhan yang dihasilkan pun menurun. Anda akan sering menemukan tumbuhan yang cacat dan layu. Bahkan ada juga tumbuhan yang enggan tumbuh alasannya ialah terjangkit hama tersebut. Hama tumbuhan itu sendiri ada bermacam-macam jenis.


Agar persoalan hama tumbuhan tidak semakin memperburuk keadaan. Anda harus segera mengatasinya. Atasi persoalan hama tumbuhan tersebut dengan sempurna dan tuntas. Anda juga harus bisa mencegahnya tiba kembali. Tiap jenis hama tumbuhan tersebut mempunyai cara pengendalian tersendiri. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja hama tumbuhan hidroponik tersebut dan bagaimana cara mengatasinya, anda simak saja ulasannya dibawah ini.

Hama Tanaman Hidroponik


Berikut ini ialah beberapa hama tumbuhan hidroponik dan cara mengatasinya selengkapnya untuk anda.

  • Ulat

Hama tumbuhan yang satu ini sudah begitu terkenal di kalangan petani. Ulat menjadi musuh turun-temurun bagi para petani. Popularitas ulat ini memang tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak jenis hama ulat, salah satunya yaitu ulat grayak/spodoptera litura yang seringkali menyerang tumbuhan cabe. Ulat jenis ini sanggup memakan daun hingga benar-benar habis dalam waktu yang singkat. Hal ini tentu saja mengakibatkan kemampuan fotosintetis dari tumbuhan cabai menjadi terganggu. Dengan begitu, pertumbuhan tumbuhan cabai menjadi terhambat.

  • Tungau (Mite)

Tungau seringkali bersembunyi di balik daun tanaman. Hama tungau ini menyerang tumbuhan dengan cara menghisap cairan daun yang ada di dalam jaringan mesofil hingga jaringan tersebut rusak. Hal ini menciptakan klorofil daun menjadi rusak sehingga menghambat proses fotosintesis tanaman.

  • Thrips

Hama thrips menyerang daun tanaman khususnya daun mudanya. Hama ini ialah musuh berbahaya bagi tanaman, terutama cabe. Daun yang terjangkit hama ini akan menjadi keriting dan menggulung ke atas yang lama-kelamaan akan mati. Serangan hama ini juga menjadikan bunga kering dan rontok.

  • Semut

Semut merupakan hama utama di pertanian. Hama ini sanggup merusak tumbuhan dan menghambat pertumbuhannya. Jika tidak segera diatasi, bisa mengakibatkan gagal panen.

Pengendalian Hama Tanaman Hidroponik


Setelah mengetahui apa saja hama hidroponik, sekarang anda juga perlu mengetahui bagaimana mengendalikannya. Berikut ulasannya.

  • Ulat

Tanaman yang terjangkit hama ulat ini ditandai dengan daunnya yang berlubang-lubang. Pemberantasannya yaitu dengan mengamati semua tumbuhan hidroponik yang terjangkit dan bunuh semua ulat yang ditemukan pada tumbuhan tersebut. Bisa juga menyemprotnya dengan Malathion.

  • Tungau

Tanaman yang terjangkit tungau tiba-tiba layu dan daunnya berguguran. Muncul bintik kuning di permukaan daun yang lama-kelamaan melebar dan berubah menjadi kecokelatan hingga jadinya menghitam. Daun jadi keriting dan menggulung kearah bawah serta menebal. Bagian bawah daun menjadi berwarna ibarat tembaga dan juga terdapat benang-benang putih halus. Pemberantasannya yaitu dengan membersihkan semua kumpulan-kumpulan tungau. Semprot dengan Malathion.

  • Thrips

Hama thrips mengakibatkan timbulnya bercak-bercak pada daun, melepuh, dan juga gampang rontok. Pemberantasan sekaligus pencegahannya yaitu dengan membersihkan tumbuhan memakai air hangat. Anda semprot tumbuhan sempurna pada kepingan yang terjangkit memakai Malathion sekali dalam seminggu selama dua minggu.

  • Semut

Tanaman yang terjangkit hama semut, daunnya akan menjelma kuning. Tanaman akan tumbuh tidak normal, gampang layu, serta gugur. Pemberantasannya yaitu dengan membersihkan tumbuhan memakai air hangat atau air sabun. Anda juga bisa menyemprotnya dengan Malathion.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top