Cara Menanam Tanaman Kangkung

menjadi pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin bercocok tanam tetapi mempunyai keterbatasan lahan di rumah. Salah satu tumbuhan yang umum untuk sistem ini yaitu kangkung. Pada dasarnya, cara menanam kangkung hidroponik cukup gampang bahkan bagi pemula sekalipun sebab alat dan materi sanggup dibeli di toko pertanian tersekat.

Sebelum membahas lebih lanjutnya, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa yang dinamakan hidroponik, secara sederhana, hidroponik memakai media air atau larutan yang berisi nutrisi untuk menggantikan tanah. Tidak semua tumbuhan sanggup tumbuh di media air. Sebagian besar tumbuhan hidroponik yaitu sayuran yang mempunyai akar serabut sehingga gampang mengambil nutrisi secara pribadi dari air. Selain itu, sayuran mempunyai ukuran yang kecil dan jangka waktu panen yang singkat.

 Cara Menanam Tanaman Kangkung Cara Menanam Kangkung di Lahan yang Terbatas

Alat-alat yang dipersiapkan untuk menumbuhkan tumbuhan hidroponik kangkung antara lain yaitu keranjang besek, kaleng plastik bekas cat ukuran 5 kg, busa filter akuarium dan nutrisi AB mix. Dan terakhir yaitu benih kangkung yang berkualitas baik. Tahap awal yaitu merendam benih kangkung sebanyak 2-3 sendok makan dalam air selama 1 malam. Saat melaksanakan perendaman, benih kangkung yang mengapung harus dibuah sebab tidak mempunyai kemampuan untuk tumbuh kecambah.

 Cara Menanam Tanaman Kangkung Cara Menanam Kangkung di Lahan yang Terbatas

Pada tahap ini tidak diharapkan nutrisi hidroponin cukup air higienis saja. Ketika benih telah siap, letakkan pada kaleng bekas cat dengan berisi air menyerupai di bawah ini. Perlu diperhatikan bahwa, sistem hidroponik bukan memasukkan benih ke dalam air kemudian dibiarkan tumbuh. Makara pastikan hanya akar dari kangkung yang menyentuh air sedangkan cuilan batangnya tetap berada di luar jangkauan.
 Cara Menanam Tanaman Kangkung Cara Menanam Kangkung di Lahan yang Terbatas

Pada ketika biji atau benih kangkung sudah pecah dan muncul daun forum langkah selanjutnya buang air dan ganti dengan larutan nutrisi ABmix 400 ppm. Ketika kangkung sudah berusia lebih dari satu minggu, kandungan nutrisi ditingkatkan hingga maksimal 800 ppm. Karena kondisi tumbuhan yang membutuhkan banyak unsur hara. Cara menanam kangkung hidroponik ini sanggup dilakukan di pekarangan rumah yang sempit. Cukup letakkan ember di daerah terbuka yang terdapat sinar matahari langsung. Gambar diambil dari postingan facebook bpk Achmad Saleh

 Cara Menanam Tanaman Kangkung Cara Menanam Kangkung di Lahan yang Terbatas


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top