Pohon karet kebo yaitu sebutan dalam bahasa jawa untuk tumbuhan dengan nama ilmiah Ficus Elastica ini. Ciri-ciri pohon karet kebo ditandai dengan daun yang berwarna kemerahan sehingga banyak juga yang menyebut tumbuhan ini dengan sebutan pohon karet merah. Walaupun pada alam liar tinggi dari pohon karet kebo bisa mencapai 30 meter, tapi tubuhan ini seringkali digunakan sebagai tanaman hias ataupun tumbuhan pelindung. Tak jarang pohon karet kebo pun digunakan untuk tumbuhan indoor dalam pot besar.

Tanaman yang dalam bahasa inggris ini disebut "Rubber Plants" ini semakin terkenal ditanah air. Meski begitu, bersama-sama pohon karet kebo ini berasal dari Srilanka dan India. Kepopuleran dari tumbuhan ini alasannya yaitu daun keret kebo dipercaya mempunyai manfaat yang bisa menjadi obat bagi banyak sekali macam penyakit. Nah untuk mengenal lebih jauh wacana pohon karet merah ataupun manfaat daun karet kebo, silahkan simak ulasan berikut.

Pohon karet kebo yaitu sebutan dalam bahasa jawa untuk tumbuhan dengan nama ilmiah  Manfaat Serta Ciri-Ciri  Pohon Karet Kebo Atau Pohon Karet Merah

Ciri-Ciri Pohon Karet Kebo


Ciri pohon karet kebo yang pertama yaitu dari batangnya yang berkayu dengan warna coklat tua. Bentuk batang karet kebo bundar dengan dilengkapi cabang atau dahan tidak beraturan layaknya pohon besar lainnya. Meskipun biasa ditanam pada pekarangan luas hingga dijadikan tumbuhan hias dalam pot, nyatanya pohon karet kebo sanggup ditemui hingga pada dataran dengan ketinggian 500 meter dpl.

Karet kebo mempunyai akar tunggang yang berfungsi untuk menahan bobot batangnya yang besar. Akar ini sanggup memperkuat serta memperkokoh batang tubuh pohon karet kebo. Disamping itu, tumbuhan ini juga mempunyai akar gantung atau akar udara menyerupai pada pohon beringin. Makanya sebagian orang cenderung lebih mengenal tumbuhan ini dengan nama Beringin Karet Merah atau Beringin Karet Kebo.

Dilihat dari bentuk daunnya, karet kebo meiliki daun muda berwarna merah hati. Warna daun inilah yang membuatnya disebut pohon karet merah. Namun seelah dewasa, daun keret kebo akan bermetamorfosis hijau tua. Bentuk daunnya lonjong dan tebal dengan pankal yang runcing serta tersusun secara selang-seling. Pucuk daun muda tertutup dengan selaput ocrea dengan bentuk kerucut berwarna merah muda.

Pohon karet kebo yaitu sebutan dalam bahasa jawa untuk tumbuhan dengan nama ilmiah  Manfaat Serta Ciri-Ciri  Pohon Karet Kebo Atau Pohon Karet Merah

Manfaat Dari Tanaman Karet Kebo Untuk Kesehatan


karet kebo mempunyai kandungan kimia dalam setiap bab tubuhnya. Sebut saja batangnya yang mempunyai senyawa lateks yang sering dimanfaatkan orang untuk materi baku pembuatan karet. Pada bab Kulit dan akar mengandung flavonoid, saponin, dan polifenol. Sedangkan daunnya mengandung saponin, tanin dan polifenol yang memperlihatkan efek untuk melancarkan peredaran darah serta bersifat analgesik atau penghilang rasa sakit.

Manfaat terbesar dari dari tumbuhan ini yaitu untuk pengobatan herbal. Setiap bab tumbuhan karet kebo dipercaya bisa mengatasai banyak sekali permasalahan kesehatan menyerupai :


  1. Akar karet kebo untuk pengobatan bisul. Caranya dengan mengambil sedikit bab akar dari pohon karet kebo kemudian basuh bersih. Bagian akar tesebut selanjutnya digiling hingga menjadi bubur kemudian dibubuhkan pada area yang sakit.
     
  2. Akar karet kebo untuk pengobatan maag. Caranya siapkan sekitar 35 gram akar karet kebo yang telah dicuci bersih. Lalu rebus akar dengan memakai 2 gelas air hingga air rebusan hanya tersisa 1 gelas kemudian di minum.
     
  3. Akar karet kebo untuk pengobatan rematik. Caranya sama dengan pengobatan untuk maag, akar pohon karet kebo direbus kemudian diminum 2 kali sehari.
     
  4. Daun karet kebo untuk pengobatan stroke. Caranya dengan mencincang halus daun karet kebo kemudian jemur hingga kering. Daun yang telah kering selanjutnya direbus dengan 3 gelas air memakai panci dari tanah liat hingga tersisa 1,5 gelas saja. Air rebusan ini diminum 2 kali sehari selama seminggu.


ini yaitu salah satu kutipan dari seseorang yang telah mencicipi manfaat dari daun karet kebo untuk pengobatan stroke

"Assalamu'alaikum Warokhmatullaahi Wabarokaatuh *
Saya hanya ingin sedikit sharing, Ada seorang teman tiba kerumah dan mengabarkan bahwa ia telah sembuh dari stroke, Dengan penuh semangat beliau bercerita bahwa beliau kini sudah bisa lari. padahal sebelumnya jalan saja susah dan mesti diseret, juga tangan kiri tidak bisa digerakan.
*Resep Obat Tradisional dengan daun karet kebo*

Caranya:
Minum rebusan daun karet kebo 7 lembar + air 500cc kemudian direbus tunggu hingga mendidih dibiarkan 10 menit.

Akhirnya saya memperlihatkan kisah sekaligus memperlihatkan daun tersebut kepada langganan yang juga kena stroke buat minum 3 hari. dan kini sudah sembuh. Setelah beberapa hari beliau menelepon dan bertanya beli dimana daun tersebut, Saya bilang petik aja dijalan, tanamannya bnyak dipinggir tol, jalan atau sawah, gak usah beli. alasannya yaitu sesudah minum 3 hari beliau sudah bisa berjalan dan tubuh terasa enteng padahal sebelumnya jalan aja nyeret.begitu juga dgn teman adik yg diseberang rumahnya ternyata membaik dengan minum air rebusan tersebut. Mungkin dikarenakan bisa melancarkan peredaran darah, Saya sendiri juga sudah mencoba minum ternyta tubuh memang lebih segar dan rasa tidak pahit, yummy diminum"

sumber : mediakuinformasi.blogspot.co.id



Harga Tanaman Karet Kebo


Meski pohon karet kebo banyak dijumpai dialam liar, tak sedikit juga yang mencoba untuk membudidayakannya. Lihat saja diberbagai website toko online banyak yang menjual bibit dari pohon karet kebo. Harga yang ditawarkanpun bermacam-macam tergantung dari tinggi pohon yang dijual. berikut ini yaitu tabel harga pohot karet kebo sesuai tinggi batangnya.


Harga Tanaman Karet Kebo Berdasarkan Ukuran:

Ukuran Harga
tinggi 50-70 cm IDR 150.000,-
tinggi 1 meter IDR 250.000,-
tinggi 1,5 meter IDR 300.000,-
tinggi 2 meter IDR 375.000,-
**Harga diatas merupakan harga yang didapat dari banyak sekali sumber waktu artikel ini ditulis dan tidak menjadi pola pasti, ketidaksesuaian harga mungkin saja terjadi

Tanaman Pohon karet kebo memang cukup gampang dijumpai sebagai tumbuhan pelindung. Ini alasannya yaitu ciri-ciri pohon karet kebo yang menyerupi pohon beringin yang berdahan rindang dan sejuk. Namun tak terkadang ukuran pohon karet yang besar sering kali menjadi problem tersendiri. Seperti pohon karet kebo harus ditebang. Perbanyakan pohon karet kebo ini bisa dengan stek batang. Perawatan yang gampang cukup dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Semoga bermanfaat !


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top