Bagi pemula yang tertarik untuk mulai bercocok tanam secara hidroponik, ada baiknya memulai dari yang paling gampang dulu. Mengingat hidroponik yaitu bercocok tanam tanpa memakai tanah, melainkan lebih banyak air, nutrisi, dan oksigen, ada beberapa mekanisme yang harus dilalui dan tidak menyerupai cara bercocok tanam yang biasa. Selain air, bahan-bahan lain yang juga sanggup dipakai yaitu kerikil, belahan genting rumah, pasir, belahan kerikil ambang, dan masih banyak lagi. Bila Anda ingin mengumpulkan nutrisi dan unsur-unsur hara lainnya biar tumbuhan tumbuh dengan sehat dan segar, larutkanlah air dengan pupuk organik, bukan pestisida atau herbisida yang berbahaya bagi hasil tumbuhan dan manusia. Bagaimana cara mencampur organik? Menurut website Tips Berkebun (dari http://www.tipsberkebun.com/tips-berkebun-hidroponik-secara-sederhana.html), campurkan garam mineral dengan formula yang sudah ditentukan. Setelah itu, barulah Anda sanggup mulai fokus kepada cara menciptakan hidroponik sederhana.
 



Lalu, bagaimanakah cara menciptakan hidroponik sederhana? Alat-alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
1.    Baki untuk menyemai.
2.    Jerigen.
3.    Wadah atau pot plastik.
4.    Penyemprot tangan atau hand sprayer.
5.    Kompor dan penangkas air.
6.    Timbangan OHAUS/neraca laboratorium.
7.    Pipa paralon berdiameter setengah 1,5 cm x 20 cm.
8.    Ember.
9.    Jenis tumbuhan yang dipilih.
10.    Bahan-bahan porus.

Setelah semuanya tersedia, inilah cara menciptakan hidroponik sederhana:
1.    Sterilkan pasir yang sudah diayak. Caranya? Cuci dengan air higienis berulang-ulang, kemudian rendamlah di air mendidih sekitar sejam.
2.    Cuci baki dan isilah dengan pasir tadi sekitar 4 cm. Jangan lupa lubangi ganjal baki.
3.    Siram baki dengan air higienis dan tunggulah sampai kelebihan air terbuang.
4.    Tabur biji-biji tumbuhan di atas pasir, sebisa mungkin berikan jarak.
5.    Jaga biar pasir tidak kekeringan. Gunakan hand sprayer untuk tetap melembapkan pasir atau tutuplah baki dengan kaca.
6.    Pindahkan bibit-bibit tadi ke dalam daerah permanen atau persemaian kedua sesudah sekitar dua sampai empat daun tumbuh. Jika ingin eksklusif ke daerah penanaman hidroponik, bersihkan pasir yang menempel pada akar tanaman.

Cara memperoleh tumbuhan dari bibit yang tersedia adalah:
1.    Sediakan lembaran surat kabar di atas meja sebagai alas.
2.    Ambil pot isi tumbuhan dan letakkan satu tangan Anda di atas tanah dalam pot. Letakkan tumbuhan di antara telunjuk dan jari tengah dengan hati-hati.
3.    Pegang dasar pot dikala membalikkannya pelan-pelan, kemudian keluarkan tumbuhan beserta akar-akarnya dengan hati-hati.
4.    Bila tumbuhan susah lepas, benturkan pot pelan-pelan atau koreklah permukaan dalam bab atas pot dengan pisau tumpul.
5.    Jika sudah berhasil, peganglah tumbuhan masih dengan dua jari sambil membersihkan sisa tanah yang melekat. Lakukanlah dengan hati-hati.
Tidak sulit, bukan? Selamat mencoba, ya.

Sumber:
http://www.tipsberkebun.com/tips-berkebun-hidroponik-secara-sederhana.html
http://www.azzamrumahherbal.com/hidroponik/227-cara-bertanam-hidroponik-bagi-pemula.html
http://belajarberkebun.com/cara-menanam-tanaman-hidroponik-sederhana.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top