Berkebun merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian orang, apalagi jikalau tumbuhan yang dirawat tumbuh subur dan menunjukkan hasil yang banyak. Akan tetapi, untuk mendapat hasil yang memuaskan semacam itu, harus dilakukan perawatan yang intensif.

Perawatan ditujukan guna menghindarkan tumbuhan dari segala penyakit ataupun gulma yang sanggup saja menyerang tumbuhan sehingga menciptakan pertumbuhan tumbuhan menjadi terganggu dan kesudahannya sanggup mengancam kehidupan tumbuhan tersebut. Sebagai solusi permasalahan semacam itu, maka menciptakan pestisida alami merupakan hal yang sempurna guna menghindarkan dari segala kemungkinan negatif yang terkait dengan pertumbuhan tanaman.
 Membuat pestisida alami, dipilih lantaran materi yang dipakai juga berasal dari materi alami yang pastinya tidak mengakibatkan dampak negatif pada lingkungan sekitar. Bahkan, dengan menciptakan pestisida alami juga akan lebih hemat, lantaran materi yang dipakai sanggup didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk jenis pestisida alami yang satu ini akan sangat efektif untuk memerangi segala hama tumbuhan yang mencakup semut, laba-laba, trips, kutu kebul, lalat buah, jangkrik, belalang, ulat daun jenis penggorok dan beberapa jenis hama lainnya yang sering kali mengganggu tanaman.
 Namun, perlu anda perhatikan jikalau tidak semua serangga akan menimbulkan kerugian pada tanaman, oleh lantaran itu dalam melaksanakan pengaplikasian pestisida alami ini harus dilakukan secara hati-hati. Bagi anda yang ingin menciptakan pestisida alami, sanggup mencoba beberapa langkah berikut ini.
Bahan
·    1 ons bawang putih yang dibersihkan
·    1 ons kunyit yang dibersihkan
·    3 ons lengkuas dibersihkan
·    3 batang sirih dibersihkan
·    Merica secukupnya
·    1 liter air
·    Sabun basuh piring secukupnya
Cara Pembuatan
1.    Siapkan materi yang akan dipakai untuk menciptakan pestisida
2.    Tumbuk seluruh materi yang ada sampai semua materi tercampur dengan lembut
3.    Masukkan air dalam panci dan didihkan air tersebut
4.    Masukkan bahan-bahan yang telah ditumbuk tadi dalam sebuah panci
5.    Tambahkan sabun basuh piring secukupnya dan aduk sampai rata
6.    Biarkan gabungan tadi sampai bermetamorfosis dingin
7.    Lakukan penyaringan larutan dengan kain sampai ampaspun terpisah dari larutan
8.    Pestisida alami siap untuk digunakan
Setelah menciptakan pestisida alami semacam ini, maka anda sanggup mengaplikasikannya dengan dosis yang dianjurkan. Untuk membasmi hama tanaman, maka anda sanggup mencampurkan 100-200 cc pestisida alami yang anda buat dengan 3-4 liter air.
Setelah semuanya tercampur, anda sanggup menyemprotkan pestisida tersebut pada tumbuhan yang diserang oleh hama. Dengan menciptakan pestisida alami semacam ini, maka tumbuhan di kebun ataupun tumbuhan hidroponik yang anda rawat akan terbebas dari serangan hama. Selain itu, tumbuhan tersebut juga akan menunjukkan hasil yang memuaskan. Nah, ingin mencobanya?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top