Hidroponik sekarang semakin banyak diminati di Indonesia, sebab cara menanam yang mudah, tidak tergantung cuaca. Pada kesempatan ini, admin akan memperlihatkan referensi cara menciptakan rak hidroponik sederhana, yang sanggup anda terapkan di rumah anda sendiri. Anda sanggup mendapat alat dan bahannya dengan gampang pula.

Rak yang akan kita buat yaitu rak hidroponik dengan PVC 3 inch dan diatur membentuk abjad A.
Pertama, anda harus menyiapkan rangka, sanggup dengan kayu, besi, atau baja ringan. Kemudian PVC 3 inch dilubangi untuk daerah net pot. Anda sanggup melihat gambar berikut, namun anda tentunya memiliki kreasi yang lebih baik lagi. Kemiringan bidang diatur sehingga tidak mengganggu pertumbuhan tumbuhan yang terus semakin tinggi. Untuk penyanga PVC anda sanggup memakai besi yang dilengkungkan.

Air nutrisi masuk dari satu sisi, dan keluar bersama pada sisi yang lain. Pada ujung PVC dipasang pipa kecil PVC 3/4 inch untuk pembuangan ke tandon.
Pipa pembuangan diatur ketinggiannya, sehingga air dalam PVC 3 inch menyentuh dasar netpot. Disini perlu percobaan beberapa kali biasanya untuk menemukan tinggi yang tepat, tergantung dari kekuatan pompa air untuk mengalirkan debit air.

Untuk instalasi input nutrisi, anda sanggup memakai PVC 1/2 inch sebagai pipa primer, dan dilanjutkan selang HDPE sebagai pipa sekunder untuk membagi ke semua PVC daerah tanaman. Bagian yang dilingkari merah yaitu jalan masuk pembuangan, dan terdapat kran untuk pembuangan. Jika anda meletakkan rak ini di luar rumah tanpa naungan, dikala hujan anda harus memutar kran ini biar air hujan tidak masuk ke tandon.

Jarak tanam diatur antara 15 cm hingga 20 cm. Jarak tanam ini diukur dari as atau titik tengah kingkaran lubang. Jarak ini sanggup anda sesuaikan dengan jenis tumbuhan yang ingin anda tanam. Tanaman yang berdaun lebar, tentunya jaraknya semakin lebar. Tanaman berdaun pendek, jaraknya pun sanggup dibentuk pendek. Silahkan sesuaikan dengan tumbuhan yang ingin anda tanam.
 Rak sanggup anda letakkan tanpa naungan atau pun dengan naungan. Jika anda letakkan di luar tanpa naungan, tentunya anda harus siaga dikala demam isu hujan, anda harus memutar kran sebelum hujan turun biar air tidak masuk tandon dan mengencerkan air nutrisi.
 Selamat mencoba, dan aku yakin anda sanggup lebih baik dari referensi di atas. Semoga sukses yaa.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top