Cara Menanam Terong Dengan Praktis Dan Hasil Maksimal | Ada banyak ragam terong yang dibudidayakan di Indonesia, mulai dari terong lokal menyerupai terong gelatik, terong kopek, terong bogor, terong medan hingga terong impor menyerupai terong Jepang. Bentuk dan warna buah terong cukup bermacam-macam ada yang putih, hijau hingga ungu. 


Cara Menanam Terong Dengan Mudah

Tanaman terong masih satu keluarga dengan tumbuhan tomat, cabe, dan kentang, hama dan penyakit yang biasa menyerang tumbuhan tersebut sanggup juga menerang tumbuhan terong untuk itu dalam menanam terong usahakan tidak bersaman dengan tanaman-tanaman tersebut, berikut cara menanam terong dengan mudah.


Menyiapkan Bibit

Mula mula biji terong yang akan ditanam harus berasal dari benih bibit unggul sehingga hasil yang dicapai lebih optimal nanti yang dilakuka pertaman kali adalah merendam benih terong dalam air hangat selama 5-15 menit dan buang bibit yang mengambang di permukaan air, kemudian bungkus benih dengan kain berair dan diamkan selama 24 jam, buat alur berjarak 5-10 cm diatas bedengan untuk menebarkan benih, kemudian tebarkan benih dan tutup dengan tanah tipis saja sehabis itu, tutup bedengan dengan daun pisang atau daun daunan, siram dengan air untuk menjaga kelembaban persemaian.
Setelah 2-3 hari kecambah mulai tumbuh menjadi tanaman, buang daun pisang atau dedaunan tersebut kemudian siram setiap hari bibit tersebut, sehabis 10-15 hari pindahkan bibit tumbuhan kedalam bumbunan daun pisang atau polybag kecil (9X10 cm), satu polybag satu tumbuhan isi polybag atau bumbunan daun pisang dengan tanah dan kompos, perbandingan 1:1.


Jangan lu
pa untuk meyiram juga bibit yang ada dalam polybag tersebut setiap hari, sehabis tumbuhan berumur satu bulan atau telah mempunyai minimal 4 helai daun, tumbuhan tersebut siap dipindahkan ke lahan terbuka.


Menyiapkan Lahan

Menyiapan lahan diawali dengan mencangkul atau pembajakan lapisan atas tanah yang ada di bawah dan sebaliknya selanjutnya, untuk mencapai hasil maksimal maka ubanyak 15 kgntuk menawarkan pupuk dasar sebaiknya diberikan pupuk sangkar  dan dolomid, pemberian dolomid khusus untuk tanah basah/tergenang/bersifat asam,
Setelah melaksanakan persemaian dan pembibitan langkah menanam terong selanjutnya 
membalik tanah biar terjadi pergantian tanah dari tanah kepingan atas dengan tanah kepingan bawah selain biar tanah berganti membalik tanah dengan bajak dan cangkul ini sanggup menggemburkan tanah.
Menggemburkan lahan yang akan ditanami disiram dulu dengan air, peniraman diberikan secara merata selanjutnya biar pembuatan bedenga lebih gampang maka perlu dilakukan pembajakan lagi untuk yang kedua langkah selanjutnya dibentuk bedengan-bedengan berbentuk berbaris dengan jarak tanam 75 cm

Penanaman Dan Pemeliharan

Bibit yang sudah berumur  satu bulan sehabis semai sanggup ditanam pada lubang tanam yang telah disediakan ciri dari bibit tumbuhan terong yang siap tanam yaitu munculnya atau keluar 3-4 lembar helai daun tepat atau mencapai tinggi kurang lebih 7,5 cm. dalam penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari sehabis dilakukan penggenangan untuk mempermudah pemindahan dan masa pembiasaan pertumbuhan awal
dengan jarak antara tumbuhan 75 cm, bibit yang siap tanam dimasukkan kedalam lubang tanam yang ditugal sedalam 10-15 cm kemudian ditekan ke bawah sambil ditimbun dengan tanah yang berada di sekitar lubang sebatas leher pangkal batang untuk menjaga dari serangan hama sanggup diberikan insektisida.



Pemasangan lanjar atau ajir yaitu sebuah batang bambu yang sudahdi belah dengan tinggi 80 dan ditancapkan disamping tumbuhan yang ditanam akrab batang batang tumbuhan diikat dengan lanjar tersebut biar ada kekuatan penopang untuk tumbuhan apabila tanaman  sudah mulai berat tetapi pemasangan lanjar sebaiknya dipasang lebih awal biar tidak menganggu pertumbuhan akar tumbuhan terong.
Pemeliharaan dalam menanam terong mencakup bebeapa hal yaitu
  • Dalam awal penanam terong apabila cuaca kemarau atau kering maka penyiraman dilakukan setiap hari penyiraman sanggup dilakukan dengan menyiram satu persatu tanaman, semua tergantung juga struktur tanah dan respon tanah kepada air.
  • penyulaman dalam menanam terong dilakukan untuk mengganti tumbuhan yang mati atau tidak sehat dan terjangkit hama atau penyakit. Untuk penyulaman sanggup dilakukan sebelum tumbuhan terong berumur 15 hari.
  • Untuk membersihkan tumbuhan dari gulma dan rumput liar yang sanggup jadi pesaing dari tumbuhan terong maka perlu dilakukan penyiangan. Penyiangan ini dengan mencabut gulma atau rumput liar tersebut. Penyiangan dilakukan minimal dua kali dalam masa tanam yaitu ketika tumbuhan berumur 15 hari dan 60-75 hari sehabis tanam
  • Pemberian pupuk dalam menanam terong dilakukan pada dikala tumbuhan berumur 25 hari sehabis tanam. Pupuk ditaruh dipinggir batang tumbuhan dengan jarak sekitar 10 cm. kontribusi pupuk selanjutnya sehabis tumbuhan berumur 50 hari sehabis tanam. Sesudah panen yang kedua dilakukan pemupukan kembali tumbuhan .
Selain itu selama masa tanam terong ada perawatan atau pemeliharaan lain menyerupai pemangkasan tunas-tunas liar yang tumbuh di ketiak daun pertama hingga bunga pertama untuk merangsang tumbuhnya tunas dan bunga-bunga baru.


Pemanenan

Pemanenan sanggup dilakukan seminggu dua kali, pemanenan terong juga sanggup dilakukan dikala tumbuhan berumur satu bulan hari sehabis tanam ciri buah terong yang layak panen yaitu daging belum keras, warna buah mengkilat, ukuran tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil buah kelihatan segar, warnanya cerah bagi terong tipe hijau dan belum berwarna kecoklatan bagi terong berwarna ungu, kalau dipotong belum tampak biji yang berwarna kuning keemasan dan warna daging masih putih bersih.
setelah pemanenan yang ke delapan biasanya produksi mulai menurun baik kwalitasn.



Jangan Lupa Baca Juga Tehnik Menanam Jagung Dan Cara Bertani Singkong 

Demikian tadi  pembahasan kita tentang Tips Menanam Terong mungkin itu saja yang sanggup saya shere kepada anda semua,semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda di Tugu Tani agar kami daat mengetahui beberaa hal yang menjadi problem ataupun sesuatu yang perlu anda ketauhui terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top