Ciri ciri Buah Ceremai
Ceremai  berperawakan perdu atau pohon yang selalu hijau.pohon ini ketinggiannya mencapai  7m serta mempunyai percabangan yang memencar, ramping, dan kadang- kadang benkok- bengkok. 

 berperawakan perdu atau pohon yang selalu hijau Buah Ceremai, Manfaat, Kandungan, Jenis, ciri dan Varietasnya

Daunnya berhadapan, berbentuk bulat telur hingga bentul lanset. Pangkalnya membulat atau agak berbentuk jantung, ujungnya tumpul memendek.
Pohon ceremai mempunyai daun yang berkilap, berbintik yang tembus cahaya, dan tidak berbulu, selagi muda daun ceremai bewarna cokelat, sehabis bau tanah menjadi hijau tua. Dalam cuaca hirau taacuh dan kering, daun ini menjelma merah.
Ceremai berbunga harum, 1-4 kuntum bersatu pada ketiak daun bewarna putih susu. Daun kelopaknya benentuk tabung, daun mahkotanya bewarna putih. 

Buahnya bertipe buah buni yang menggantung, berbentuk bulat gepeng. Selagi muda, bunga tersebut bewarna kehijauan, dan menjelma jingga. 

Namun, selama berkembang dan sehabis matang, bunga tersebut bewarna merah cerah hingga kehitam-hitaman.
Kulit buah ceremai tipis, daging buahnya bewarna merah-jingga. Buah ceremai banyak mengandung sari buah, rasanya asam hingga manis, bergetah sedikit. Buah ceremai berbiji satu butir, berbentuk pipih. 

Pembungaan dan pembuahaan, pada ceremai sanggup di-mulai pada umur tumbuhan 2 tahun, kalau pertumbuhannya baik. Namun, umurnya ceremai mulai berbunga pada umur 5-6 tahun.
Bunga pohon ceremai muncul pada pucuk yang tumbuh serempak dalam demam isu sebelum-nya, atau pada bab pangkal pucuk yang tumbuh pada demam isu itu. 

Buah berkembang dan menjadi matang dengan cepat, yaitu hanya 3 ahad sehabis bunga mekar. 

Pembungaan dan pembuahaan berlanjut pada kurun waktu yang berkepanjangan, dan bergantung pada iklim. 

Varietas Buah Ceremai
Ceremai mempunyai dua varietas. Varietas yang pertama yaitu varietas yang paling umum yang mempunyai buah”cerise” yang cerah dan berdaun bintik-bintik merah. 

Adapun varietas  yang kedua yaitu varietas yang berbuah buni bewarna merah bau tanah hingga hitam. Varietas yang kedua ini jarang dijumpai, dan cenderung lebih anggun rasanya dan getahnya lebih sedikit. 

Kandungan Buah Ceremai
Kandungan setiap 100 g bab buah yang sanggup dimakan mengandung 85-90 g air, 0,8-1 g protein, 0,4-8 g lemak, 8-12 g karbohidrat, 0,3-0,6 g abu, dan 20-30 mg vitamin C, nilai energy kira-kira 190kj/100 g. kulit kayunya berisi 20-28 % tannin.

Daunnya menghasilkan minyak atsiri yang berisi sitronele, geranil asetat, gerniol, sineol,terpinen, seskuiterpena. Bijinya mengandung banyak resin dan beracun.
Ceremai ditanam untuk dimanfaatkan buahnya. Buah ceremai sanggup dikonsumsi dalam keadaan segar atau diolah menjadi selai, jeli, manisan, atau acar. 

Di Brazil, sari buahnya difermentasi menjadi cuka atau anggur, kadang kala diolah menjadi minuman keras. Ceremai belanda sering ditanam sebagai tumbuhan hias alasannya warna buahnya yang cerah dan khas.
Pernah terkenal sebagai tumbuhan pagar. Ceremai akan bercabang rapat kalau dipangkas secara teratur.

Daunnya yang ditumbuk akan mengeluarkan minyak yang rasanya sepat, dipakai sebagai pengusir serangga. Kulit batangnya kaya akan zat tannin, yang dimanfaatkan untuk menyamak kulit. 

Khasiat & Manfaat Buah Ceremai
Di Brazil dan suriname, seduhan daunnya dipakai sebagai obat sakit perut, demam, dan pengeras jaringan tubuh. Di jawa, buah ceremai dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinngi.
Ceremai tahan terhadap cuaca dingin, dab sanggup tumbuh tanpa gangguan pada suhu beberapa derajat di bawah titik beku. Pertumbuhannya yang baik di lahan terbuka, dan hanya memerlukan curah hujan yang tidak banyak. Ceremai sanggup bertahan terhadap demam isu kemarau panjang. 

Di Filipina, ceremai sanggup tumbuh hingga ketinggian 1000 m dpl, sedangkan di Guatemala hingga 1800 m dpl. Ceremai sanggup tumbuh diberbagai tipe tanah, kecuali tanah yang berkadar garam tinngi. Pohon ceremai tahan terhadap penggenangan air yang sementara.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bab bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top