Sejarah Tanaman Jagung
Tanaman jagung sudah dikenal semenjak usang yaitu pertama kali oleh bangsa Indian Amerika sekitar tahun 1779. Jagung merupakan tumbuhan yang sanggup hidup di tempat yang beriklim  sedang hingga beriklim panas.

Dahulu jagung ialah masakan pokok bagi orang miskin, demikian berdasarkan buku harian Columbus sebagai penemu benua Amerika. 

 sudah dikenal semenjak usang yaitu pertama kali oleh bangsa Indian Amerika sekitar tahun  Ciri-ciri Tanaman Jagung klasifikasi, jenis, dan sejarahnya

Namun, kini sudah tersebar dan dikenal diseluruh potongan dunia. Apalagi kini miskin banyak jenis masakan yang merupakan  olahan  dari jagung ini, baik dalam keadaan utuh, dipecah ataupun digiling menjadi tepung.

Jagung tidak hanya untuk dikonsumsi insan tapi juga untuk dikonsumsi insan tapi juga untuk dikonsumsi trenak sebagai penguat selain hijauan dan macam-macam umbi-umbian. Penguat ini diperlukan pada dikala ternak bunting, menyusui juga pada dikala masa pertumbuhan.

Jagung ada majemuk jenisnya, dan masing-masing mempunyai sifat khas tersendiri. Dari sekian banyak jenis jagung, ada jenis jagung yang banyak sekali penggemarnya yaitu jagung manis. 

Jagung bagus mula-mula dikenal di Indonesia gres awal tahun 1980 dalam bentuk kalengan yang meruapakn materi impor dari luar negeri.

Namun kini sudah sanggup dijumpai dimana-mana dengan mudah, baik dipasar tradisional, ataupun disupermarket. 

Walaupun mula-mula hanya dicoba ditanam dalam lahan yang kecil/sempit dahulu, ternyata berhasil dengan baik, maka kini masyarakat Indonesia sudah banyak yang bertanam jagung jenis ini. 

Bahkan Negara kita kini sudah termasuk Negara yang mengekspor jagung bagus ke aneka macam Negara.

Jagung manis yummy dimakan dengan cara direbus, dibakar, dijadikan asinan, untuk dibentuk bakwan jagung, dan masakan ringan bagus lembap yang lain. Karena banyaknya jenis olahan ini maka makin banyak kebuthan akan jagung ini, termasuk ajakan dari luar negeri.

Klasifikasi

Klasifikasi atau pengelompokkan  makhluk hidup, khususnya pada dunia flora paad prinsipnya mempunyai tujuan untuk hal-hal sebagai berikut:
1.    Agar kita lebih gampang mengenal salah satu jenis flora atau beberapa flora yang lain.
2.    Agar kita lebih gampang mempelajarinya, lantaran denagn mengetahui kelompoknya kita sanggup mengenal cirri-cirinya.

Sedangkan dasar pengelompokkan atau penjabaran makhluk hidup adalah:
1.    Adanya persamaan yang dimiliki antara flora yang satu dengan yang lain, contohnya mereka mempunyai persamaan, maka mereka akan dijadikan satu kelompok.
2.    Adanya perbedaan yang dimiliki flora yang mengakibatkan mereka masuk pada kelompok yang berbeda.

 
Tingkat pengelompokkan antara dunia binatang dan dunia flora ada sedikit perbedaan yang terletak pada nama tingkat pengelompokkan yang tertinggi, yaitu:

1.    Untuk dunia binatang tingkat pengelompokkan yang tertinggi ialah filum.
2.    Untuk dunia flora tingkat pengelompokkan yang tertinggi ialah Divisio.


Ciri-ciri tumbuhan jagung yang sanggup diamati dari luar adalah:
  • Merupakan jenis flora yang berbunga sehingga termasuk antophyta.
  • Jagung berkembang dengan biji sehingga disebut spermatophyte.
  • Biji tumbuhan jagung berkeping satu, sehingga termasuk dalam kelas flora berkeping satu atau monokotildone.
  • Akar tumbuhan jagung berbentuk serabut, yang kecil-kecil menyerupai rambut.
  • Batangnya tidak mengalami pertumbuhan sekunder lantaran tidak berkambium sehingga tidak sanggup tumbuh membesar, hanya tumbuh memanjang.
  • Daunnya berbentuk pita tipis dan panjang.
  • System penulangan pada daunnya ialah lurus atau sejajar menyerupai halnya tebu,alang-alang.
  • Bunga tumbuhan jagung kecil dan ringan dengan serbuk sari yang jumlahnya sangat banyak, sehingga penyerbukan yang terjadi sering karean santunan angin.
  • Jenis jagung ada bermacam-macam, demikian juga dengan manfaat dari jagung juga bermacam-macam.
  • Tanaman jagung cocok tumbuh di tempat panas/tropis.
  • Tanah yang subur dengan banyak unsure organic ialah tempat hidup jagung yang baik.
  • Jagung sanggup tumbuh dengan maksimal pada tanah yang derajat keasamannya 5 hingga 8.
  • Biasanya habitat jagung dilahan yang kering, kurang cocok untuk tanah yang terdapat air yang menggenang. Namun juga sanggup ditanam disawah yang ada irigasinya serta sawah tadah hujan.
  • Jagung sanggup dipanen 3 kali dalam setahun. Umur rata-ratanya untuk setiap kali panen ialah 120 hari.

Keanekaragaman tanaman
Seperti yang telah dikemukakan pada bab terdahulu, tumbuhan jagung yang merupakan salah satu jenis flora monokotil/tumbuhan yang berbiji satu mempunyai jenis yang bermacam-macam.

Macam-macam jagung

1.    Jangung komposit lamuru
Adalah varietas jagung yang toleran pada lahan yang kering. Banyak dibudidayakan diGorontalo dan NTB.

2.    Jagung sukmaraga
Adalah varietas jagung yang toleransi terhadap keasaman tanah. Banyak dikembangkan di Sumatra, Kalimantan dna Sulawesi yang banyak tempat rawanya.

3.    Jagung hibrida
Varietas jagung ini ialah hasil perkawinan silang, antara lain semar-10 dan Bima-1 yang diproduksi oleh swasta nasional di Blitar Jawa timur.

4.    Jagung bisi
Jagung bisi ialah salah satu varietas jagung yang diproduksi oleh perusahaan multinasional yang mempunyai kelebihan dalam hasil produksinya.

5.    Jagung pioneer
Varietas jagung ini banyak  dibudidayakan lantaran punya kelebihan dalam hasil produksi.

6.    Jagung srikandi putih
Jensi jagung yang sudah disyahkan tubuh Litbang Pertanian, lantaran sudah mengalami penambahan asam amino sehingga lebih lengkap, yaitu asam amino lisin dan triptofan.

7.    Jagung manis
Sering disebut sweet corn, jenis jagung  ini rasanya ,manis, namun cepat mengalami perubahan kuaitas tertama pada masa pasca panen.

Sebenarnya amsih banyak lagi jenis jagung yang meruapakan hasil pembastaran/ perkawinan silang. Jagung jenis ini merupakan hasil inovasi untuk penyempurnaan jensi jagung yang dirasakan masih mempunyai beberapa kekurangan.

Jenis-jenis jagung tersebut antara lain : jagung recol, jagung tipe genjah/yang berumur pendek, jagung arjuna. Jagung bisi 2, srikandi kuning, NK, Semar, komposit local, harapan, DMR, penjalinan, Kretek, metro, pandu, kumia putih dan masih banyak lagi jensi jagung yang gres yang merupakan pengembangan teknologi.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bab bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top