KANDUNGAN Yang TERDAPAT PADA TANAMAN KAMBOJA
Kandungan zat
Tanaman kamboja mempunyai kandunagn senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Hampir semua belahan dari flora ini mempunyai manfaat. 

Kandungan kimia pada getah flora ini yaitu dammar dan asam plumeria. Sedangkan, akar dan daun kamboja mengandung senyawa saponin, flavonoid, polifenol, dan alkaloid. Sementara itu, kulit batang kamboja mengandung flavonoid, alkaloid, dan polifenol.

KANDUNGAN Yang TERDAPAT PADA TANAMAN KAMBOJA Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kamboja, Kandungan Bungan Kamboja

Khasiat dan Manfaat Tanaman Kamboja
Di Indonesia, flora kamboja belum banayk dimanfaatkan. Orang-orang hanya mengenalnya sebagai flora penghias pekuburan. Di Bali, flora kamboja dimanfaatkan sebagai flora hias, suplemen upacara keagamaan, serta diyakini mempunyai kekuatan penerang jiwa.

Sebenarnya, bunga kamboja termasuk jenis bunga yang sanggup dimakan, menyerupai hal nya bunga papaya dan bunag turi. 

Bunga kamboja juga mempunyai kegunaan guna meredakan demam pada anak, menghentikan batuk, melancarkan keluarnya air seni, menghentikan diare sebab disentri, mencegah pingsan sebab hawa panas, serta menyembuhkan sembelit (jika dikonsumsi dalam jumlah banyak). Berikut yaitu beberapa manfaat dari flora kamboja.

Obat sakit gigi
Getah kamboja, denagn takaran yang tepat, sanggup berguna sebagai obat sakit gigi atau obat luka. Namun, janagn hingga getah ini terkena mata sebab sanggup menjadikan kebutaan.

Obat Rematik
Bunga kamboja sanggup bermanfaat guna mencegah rematik atau asam urat, yaitu dengan mengolahnya menjadi the. Selain itu, bunga kamboja yang diseduh menjadi the bermanfaat dalam memperlihatkan efek adem, sejuk, dan baik bagi pencernaan. 

Sehingga, the bunga kamboja sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin bagi seseorang yang menginginkan sehat secara alami.

Bahan antibiotik
Karena bersifat racun dan sanggup mematikan kuman, maka getah kamboja dengan takaran yang sempurna sanggup dimanfaatkan sebagai antibiotik.

Mengobati Bisul
Daun bunga kamboja sanggup dimanfaatkan sebagai obat bisul. Cara pemakaiannya yaitu ambil daun kamboja yang masih muda dan segar, kemudian panaskan di atas api hingga layu,setelahnya, olesi denagn sedikit minyak zaitun. Selagi masih panas, tempelkan daun tersebut pada bisul.

Mengobati kaki bengkak
Dipercaya bahwa akar dan batang pohon kamboja sanggup mangatasi kaki yang jerawat dan tumit pecah-pecah. 

Caranya yaitu rebus akar dan daun kamboja hingga mendidih, diamkan sejenak hingga terasa hangat. Kemudian, gunakan airrebusan tersebut untuk merendam kaki, sebaiknya dilakukan dua kali sehari.

Sebagai obat Frambusia
Guna mengatasi frambusia, ambilah kulit batang kamboja sebanyak 3 telapak tangan, kemudian basuh dan potong-potong. 

Selanjutnya, rebus memakai air higienis sebanyak 3 liter hingga mendidih. Setelah terasa suam-suam kuku, gunakan air rebusan ini untuk mandi atau berendam.


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di belahan bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top