Sebelum Anda membaca ciri-ciri flora tomat di bawah ini, Anda niscaya sudah mengenal yang namanya buah tomat? namun jikalau kita melihat dari segi jenisnya tomat bekerjsama ada tiga jenis yang sering kita temui, ialah : tomat buah, tomat sayur, dan tomat ceri. ketiga tomat tersebut sama-sama buah tomat namun yang membedakannya ukuran bentuk dan warnanya.

Untuk  tomat buah ciri cirinya : bentuk bulat penuh, kulit tebal, mempunyai warna merah segar. Biasanya buah tomat suka dibentuk jus atau rujak tomat. Tomat sayur : tomat sayur ukurannya lebih kecil dibanding dengan tomat buah, kulit tipis, warna kulitnya ada yang kuning dan ada yang merah, rasanya aga masam dibanding tomat buah. Tomat ceri : ukurannya kecil-kecil, ukuran buahnya sama ibarat buah ceri, tomat ini biasanya digunakan untuk sambal atau selada.

 Anda niscaya sudah mengenal yang namanya buah tomat Ciri ciri Tanaman Tomat Dan Jenis jenisnya


Ciri-ciri flora tomat

Batang tomat
Tomat termasuk jenis flora perdu semusim. Batangnya lemah dan basah. Tingginya sanggup mencapai 0,5 hingga 2,5 meter. Batang tomat sanggup tumbuh tegak, sanggup pula bersandar pada flora lain. Cabangnya banyak, berambut, tebal pada buku-bukunya, dan mempunyai amis yang sangat besar lengan berkuasa dengan warna hijau keputihan.

Daun tomat
Tomat mempunyai daun yang banyak. Bentuknya menyirip, ada yang bulat telur, ada pula yang memanjang. Ujung duan runcing, sementara pangkal daun membulat. Letak daun berselang-seling. Pada daun yang lebih muda, tepinya bergerigi. Panjang duan antara 10 cm hingga 40 cm. warnanya hijau muda. Daun muda sanggup digunakan sebagai lalap.

Bunga tomat
Bunga flora tomat berbentuk bintang. Warnanay kuning dan mempunyai tangkai. Bunga terkumpul dalam suatu rangkaian.

Buah tomat
Buah tomat berdaging, pada tomat apel kulitnya tebal, sedangkan pada tomat sayur kulitnya tipis. Permukaan buah licin dan mengkilap. Bentuknya ada yang bulat, ada pula yang lonjong. Ukurannya ada yang besar sebesar apel. Adapula yang kecil, sekecil kelereng. Buah ada yang berwarna merah, kuning, ada pula yang berwarna hijau, tergantung pada jenis tomat dna tingkat kematangannya. Bijinya banyak. Bentuknya kecil-kecil dan pipih dengan warna kuning kecoklatan.

Cara perkembangbiakkan flora tomat
Tanaman tomat berkembang biak dengan biji. Selain itu, sanggup juga dikambangbiakkan dengan stek batang. Untuk stek batang, dipilih batang flora yang sudah tua. Tanaman tomat mempunyai kekerabatan yang bersahabat dengan kentang dan tembakau. Tanaman tomat sanggup ditemukan di dataran rendah maupun pegunungan.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bab bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top