Sampai ketika ini masih ada orang yang beropini bahwa bertanam dalam pot terbatas pada jenis tanaman hias, terutama yang kecil-kecil sebagaimana lazimnya sering kita lihat dirumah-rumah penduduk. 

Pendapat demikian menyebabkan anggapan bahwa yang sanggup ditanam dalam pot hanyalah tumbuhan hias yang kecil-kecil. 

 Sampai ketika ini masih ada orang yang beropini bahwa bertanam dalam pot terbatas pada j Tanaman Buah, Hias, Sayuran, Bunga Dalam Pot Berkembang Baik

Bahkan banyak orang memandang tanaman dalam pot identik dengan tumbuhan hias.padahal tentu tidak selamanya demikian. 

Tanaman dalam pot tidak terbatas pada jenis tumbuhan hias daun dan bunga, tetapi sanggup juga macam-macam sayuran dan buah-buahan, serta jenis tumbuhan lainnya.
Semua jenis tanaman  pada hakekatnya sanggup ditanam dalam pot, termasuk jensi tumbuhan keras yang berbatang besar menyerupai mangga, jeruk, jambu, kelapa, dan lain-lain. 

Sudah barang tentu tumbuhan yang tumbuh di dalam pot umumnya kerdil dan tidak normal sebagaimana tumbuh dialam bebas. Sebab utamanya yaitu media tumbuh dalam pot jauh lebih sempit dari pada media dialam bebas.
Karena tumbuhan yang tumbuh didalam pot bentuknya kerdil maka ada pendapat bahwa tumbuhan dalam pot sama dengan  bonsai, yaitu seni mengkerdilkan tanaman. 

Padahal tumbuhan dalam pot jauh berbeda dengan bonsai, meskipun tumbuhan dalam pot tubuhnya kerdil.
Seperti kita ketahui bahwa bonsai yaitu seni megkerdilkan tanaman. Seni ini berasal dari jepang. Tanaman yang  dikerdilkan menajdi bonsai tumbuh di alam bebas serta mempunyai sifat-sifat sebagaimana pertumbuhan aslinya. 

Karena unsur kesengajaan, maka bentuk tanamannya menajdi kerdil. Untuk membuat bonsai diharapkan pengetahuan dan keterampilan tersendiri.  

Misalnya, untuk memperoleh bentuk bonsai yang indah seniman bonsai harus mengikuti rumus-rumus tertentu. 

Dan untuk manghasilkan satu bonsai saja seorang seniman kadang kala membutuhkan waktu bertahun-tahun, bahkan mungkin puluhan tahun.
Bertanam dalam pot jauh lebih sederhana daripda bertanam bonsai bertujuan untuk memperoleh tumbuhan kerdil dalam bentuk yang indah, maka bertanam dalam pot bertujuan memperoleh hasil berupa daun, bunga atau buah yang karenanya sanggup pribadi dinikmati. 

Misalnya, kita menanam belimbing dalam pot dan berbuah besar serat lebat sudah tentu akan tampak indah. Kita sanggup menikmati keindahan tumbuhan belimbing tersebut kemudian menikmati pula buahnya yang sudah masak.
Keuntungan Bertanam Dalam Pot:
  • Tidak memerlukan lahan atau areal khusus yang khas.
  • Pot dan tanamannya sanggup ditaruh dimana saja, baik diluar maupun didalam rumah.
  • Karena didalam pot maka tumbuhan sanggup dipindah-pindahkan dengan gampang dan cepat serta tidak perlu melaksanakan pembongkaran atau penanaman kembali.
  • Dapat melaksanakan pengamatan khusu secara mudah.
  • Penanaman dan pemeliharaannya lebih sederhana dan gampang sehingga tdak diperluakn keterangan khusus
  • Selain manambah keindahan juga sanggup dinikmati hasilnya.

Tumbuhan yang sanggup ditanam dalam pot sanggup dibedakkan dalam  4 jenis, yaitu:
  • Macam-macam tumbuhan hias daun dan bunga
  • Macam-macam tumbuhan sayuran
  • Macam-macam tumbuhan buah-buahan
  • Macam-macam tumbuhan lain termasuk tumbuhan obat-obatan.
Dari keempat jenis tumbuhan diatas yang paling banyak di tanam didalam pot yaitu tumbuhan hias, baik daun maupun bunga. Jumlah tumbuhan hias ada ribuan, bahkan mungkin varietasnya ada puluhan ribu.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di pecahan bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top