Cara Berternak Burung Love Bird cepat bertelur dan menghasilkan | Kali ini akan membahas perihal cara berternak burung lovebird, Burung love bird yaitu jenis burng peliharanan yang kini ini mulai ramai di elihara oleh banyak pecinta burung hias dan harganya pun relatif mahal di banding dengan jenis burung hias lainya, burung ini juga tidak terlalu sulit untuk di budidayakan, kini ini sudah banyak yang sudah berasil dalam mebudidayakan.


Berternak Burung Love Bird 

mungkin sudah banyak orang berternak burung ini akan tetapi belum tentu semuanya sanggup berhasil dan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan dan disini akan di bahas bagaimana berternak dengan baik dan benar. Berikut langkah langkah yang daan andaraktekan.

Persiapkan Sangkar 

Dalan pembuatan sangkar terlebih dahulu siapkan kawat ram atau sangkar ukuran 200 x 80 cm Dan di buat sekatan sekatan yang setidaknya sanggup ditempati oleh sepasang love bird. Jangan lupa untuk menyiapkan kotak bersarang burung yang terbuat dari kayu ukuran 25 x 20 x 25 cm dan kawasan bertengger.


Memilih Indukan Jantan dan Betina Burung 

Ada banyak jenis burung cinta burung yang berada di Indonesia misalnya, ibarat  fisher lovebird, lovebird mawar, dan lovebird leher kuning. Masing – masing dari spesies Lovebird tidak – dimorfik seksual. Itu berarti. antara laki-laki dan perempuan mempunyai bentuk fisik yang sama.



Karena itu. membutuhkan teknik khusus dan pengalaman untuk membedakan antara laki-laki dan betina.Secara seks fisik Lovebird dalam Lovebird dibedakan sangat sulit. Jangan tertipu oleh lovebird menikah, lantaran lovebird lovebird yang belum tentu kawin jantan dan betina.


Sementara cara kebanyakan orang di Indonesia untuk membedakan jenis kelamin lovebird yaitu dengan menyentuh tulang. dimana kalau jarak antara kedua tulang supit renggang dan terasa elastis maka lovebird biasanya perempuan. Dan kalau jarak antara tulang sempit dan terasa supit Lovebird keras biasanya seks pria. Namun cara ini tidak 100% benar.

Cara kebapakan Akuratyang paling sering dilakukan oleh orang-orang barat dengan cara tes darah untuk mencabut bulu Lovebird bulu lovebird mana dasar yaitu ada sedikit darah yang tongkat lanjut dibawa ke laboratorium khusus untuk menyidik lovebird gender. Cara ini. cara yang sangat akurat untuk memilih jenis kelamin lovebird.

Usia Produksi

Lovebird sanggup bertelur pada usia 8 bulan. Namun usia tidak baik untuk produktivitas loveird. Pada usia 8 bulan lovebird belum benar-benar matang untuk produksi, sehingga sering terjadi kegagalan dalam penetasan. Bahkan kalau probabilitas ini sukses sangat kecil dan kualitas lovebird yang dihasilkan biasanya kurang baik. Untuk usia yang baik yaitu usia 1 tahun. pada usia Lovebird benar-benar siap untuk produksi.

Penjodohan

Lovebird merupakan salah satu dari sau jenis burung kawan setia. Burung ini hanya ingin menikah dengan satu pasangan saja. Hal ini berlaku hingga mereka mati. Karena itu. perlu ada penanganan khusus untuk mencocokkan lovebird.


Untuk mencocokkan lovebird, kawasan masing – masing laki-laki dan perempuan di sangkarterpisah terus sangkartersebut kedua. Jika mereka selalu akrab kemungkinan besar sudah ditakdirkan. Proses ini biasanya memakan waktu 3-7 hari. Proses pairing sanggup sangat cepat bila dilakukan selama masing – masing lovebird sudah memasuki masa estrus.

Estrus periode ditandai dengan sikap – perilaku. sesering bernyanyi dan melaksanakan acara – acara nafsu. yaitu laki-laki mencoba untuk menikah benda – benda di dekatnya. sementara merunduk sambil membuka sayap dengan ekor bergerak naik dan turun.

Jika pejantan dan betina yang sudah dipasangkan. dikumpulkan baik di penangkaran kandang. Ada hal yang perlu diingat: kalau sudah terakumulasi dalam sangkar tidak ingin menikah atau selalu mengejar – mengejar maka dipastikan pasangan ini telah gagal.

Cobalah untuk mengulangi proses ini dengan menukar salah satu dari mereka dengan lovebird lain. Ada juga program unik. yaitu pasangan itu bercerai. Hal ini biasanya terjadi lantaran kondisi yang kurang nyaman kandang. menekankan. serta perebutan makanan.

Alternatif lain untuk pasangan yaitu untuk mengumpulkan banyak Lovebird sekaligus disebuah sangkar besar. Ada setidaknya lima pasang lovebird di kandang. Satu hal yang harus diingat bahwa Lovebird tidak mengakui poligami atau poliandri ibarat burung bangsa lain.

Karena itu. Jumlah Lovebird yang terkandung dalam sangkar besar antara najntan dan betinna harus sama. Jika ada sepasang Lovebird sudah berpasangan, mereka biasanya pribadi masuk ke glodok untuk kawin dan bertelur. Pasangan Lovebird pindahkan ke sangkar penangkaran.

Perawatan

Jika lovebird sudah mulai kawin mereka secara otomatis akan mencari kawasan untuk bertelur. Karena itu. di sangkar harus disediakan glodog kotak sarang.

Siapkan juga ganjal penetasan di belahan bawah glodok yang secara naluriah, biasanya lovebird masih mencari bahan-bahan untuk membangun sarang. Di alam liar. biasanya mereka mengmpulkan banyak sekali ranting kecil. tangkai daun. dan lain-lain

Cobalah untuk membuatkan cabang – ranting kecil, batang daunm kulit jagung kering dan bawah kandang. Demikian pula berusaha untuk tidak membuatkan materi – materi yang masih berair atau segar ang. Gunakan hanya dikeringkan.

Bahan – materi yang masih segar sanggup membusuk di Glodok. Hal ini sanggup menimbulkan problem tersendiri. Selain itu. tidak menggunakan sebagai materi yangbersifat ibarat serat plastik dan karet sintetis. Bahan – materi sintetis sanggup menjadi racun kalau tertelan oleh lovebird.

Ummnya lovebird berbaring 4-6 telur. Jangan khawatir kalau lovebird pribadi menetaskan. Biasanya burung-burung ini akan mengerami telur sehabis telur ketiga keluar. Rada ketika inkubasi. Lovebird renta adakala akan keluar dari glodok untuk makan. mandi, atau Cukup membentang sayapnya.


Pengeraman

Dalam proses ini terus lingkungan yang damai ini sangkar sehingga Lovebird sanggup fokus mengeram dan mendapat hasil terbaik. Saya menyarankan biar tidak terlalu sering melihat situasi sangkar atau bahkan terus telurnya sebanyak peternak biasanya rasa ingin tahu atau tidak sanggup menunggu kedatangan Lovebird anak.


Dalam proses pengeraman 21-24 hari yaitu ketika proses penetasan. Tapi ketika telur tidak menetas sehabis 26 hari kemungkinan telur tidak menetas dan sanggup diambil dalam rangka Lovebird sanggup bertelur lagi.

Jika ingin mengetahui kondisi telur kita sanggup ambil telur dan kemudian kita pecah telur kalau kondisi masih utuh, masih ada putih dan kuning telur berarti terseut telur yang tidak dibuahi. Namun, kalau pelanggaran tersebut gagal dalam pengeramannya.

Penetesan

Telur Lovebird akan menetes sehabis diinkubasi selama 21-23 hari. Ada yang unik dari Lovebird, proses penetasan telur sanggup mengambil beberapa waktu, yaitu sekitar 24 jam. Itu masuk akal dan jangan khawatir lantaran selama proses penetasan itu akan pembiasaan dalam badan Lovebird anak.


Peternak harus tidak ikut campur dalam proses penetasan selama ini lantaran sanggup menimbulkan anak untuk tumbuh normal lovebird atau cacat. Mungkin pada ketika pertama keluar tidak semua telur sanggup menetas atau mandul. Itu masuk akal dan tidak perlu terlalu khawatir perihal hal itu. Biasanya lovebird gres benar-benar produktif sehabis peletakan kedua dan seterusnya.

Mandulnya telur lovebird biasanya disebabkan oleh orangtua yang terlalu muda. lingkungan dan gizi yang tidak sehat tidak cukup nutrisi atau miskin.

Jikau sterilitas terjadi terus menerus maka tersangka. Cobalah untuk membuka cangkang telur tidak menetas dan lihatiah pengembangan bagaimana embrio lovebird. Jika ternyata ada embrio tetapi hanya setengah jadi, kemungkinan besar ada yang salah dengan proses inkubasi telur. Telur sanggup menyelinap keluar dari sarang biar tidak tererami oleh induknya.

Makanan untuk indukan

Pangan atau pakan untuk peternak juga penting lantaran Lovebird induk akan melolohkan dikomsumsinya masakan untuk anak-anaknya biasanya dilakukan oleh pejantan, sehingga menjaga nutrisi dalam pakan Lovebird.




Disarankan bayam dan millet tetapi kalau ingin mencoba varian lain yang biasanya memberikannya millet, biji kenari, biji sesawi, jagung, kubis, kecambah, jangan lupa untuk memperlihatkan Lovebird Benelux Primus yang penting bagi orang renta dan anakanya lantaran mengandung jenis nutrisi yang tepat dibesarkan membutuhkan di lovebird tersebut.

Makanan Untuk Anakan

Pakan untuk Lovebird sanggup menggunakan instant bubur bayi yang dijual di toko-toko di sekitar kawasan tinggal kita. Bubur bayi dicampur dengan air hangat, tidak terlalu panas dan tidak dingin, sanggup makan dengan jarum suntik atau dengan sendok kecil tergantung pada kenyamanan Lovebird sendiri dan makan.

Nah ini dilakukan dengan mengambil mereka dari ibu mereka pada usia 11-15 hari tetapi kalau saya sendiri biasanya saya akan memasuki kembali anakan sore sangkar lovebird ketika Gelodok. Makan dilakukan setidaknya sekali setiap 4 jam, sesuikan teratur jamnya dengan jadwal sibuk sanggup diubah2 asal tertarur.

Setelah anak lovebird sekitar usia empat minggu, Anda sanggup memberi mereka masakan untuk makan di kawasan untuk berlatih makan pada anak lovebird. Makanan sanggup diberikan potongan kecil buah atau sayuran, telur rebus, pelet dicampur dengan air hangat.

Untuk meningkatkan produktivitas Lovebird induk sanggup dilakukan dengan mengambil belum dewasa Lovebird pada usia sekitar 10 -14 hari. Selain itu, belum dewasa akan menjadi Lovebird lebih jinak sehingga juga sanggup meningkatkan Lovebird harga jual.

Anak Lovebird diletakkan pada ganjal di kotak yang diberikan handuk kain dan diberi lampu 5 watt untuk tetap hangat. Fakan untuk lovebird belum dewasa sanggup menggunakan instant bubur bayi yang dijual di toko-toko di sekitar kawasan tinggal kita. Bubur bayi dicampur dengan air hangat. tidak terlalu panas dan tidak dingin.

Pada awalnya adonan diberikan dalam bentuk yang tidak terlalu tebal. tambah usia Lovebird anak, tingkat kekentalan masakan meningkat juga. Alatyang dipakai untuk menggunakan jarum suntik.

Makan dilakukan setidaknya setiap 4 jam sekali. secara teratur. sanggup menggunakan jadwal sendiri. contohnya makan jadwal: 06: 00:10: 00:14: 00,18: 00. 23.00.

Baca Juga:


Demikian tadi ulasan tentang Cara Menanam Cara Berternak Burung Love Bird cepat bertelur dan menghasilkan semoga bermanfat jangan lupa baca juga artikel lainya di alamat web kami 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top