Cara Praktis Membudidayakan Ayam Ketawa Dan Menguntungkan | Kali ini akan memperlihatkan isu perihal ayam ketawa yang skarang ini mulai banyak di budayakan oleh para pecinta ayam, jenis ayam ini merupakan ayam yang cukup lucu dan unik, alasannya mempunyai bunyi mirip orang tertawa dan cocok untuk di jadikan ayam koleksi atau ayam hias. untuk memelihara ayam ini sanggup dengan memakai metode pemeliharaan ayam kampung biasa.


Membudidayakan Ayam Ketawa

Sebagian orang yang belum mengetahui cara memelihara ayam ketawa membayangkan sangat sulit atau ada hukum aturan tertentu yang menciptakan repot pemelihara ayam ketawa, sehingga banyak yang ragu untuk memelihara ayam ketawa tersebut. Memelihara ayam ketawa sangatlah mudah, tidak ubahnya mirip memelihara ayam ayam hias atau ayam aduan, bahkan lebih mudah, alasannya dalam memelihara ayam ketawa tidak ada hukum aturan khusus, berikut ini langkah langkah yang sanggup anda prektekan dalam mebudidayakan ayam ketawa.

Menetaskan Telur 

Untuk penetasnya ada dua cara yang sanggup dilakukan, yakni dengan memakai mesin penetas maupun dengan memakai indukan betina ayam lain yang sedang mengeram. Memang dua metode ini mempunyai keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Saat kita memakai mesin penetas kita tidak perlu repot menyiapkan indukan ayam lain untuk menetaskan telur ayam ketawa tersebut. Selain itu dengan mengunakan mesin penetas kita juga lebih leluasa dalam kapasitas telur yang akan kita tetaskan kita tinggal menyesuaikan produksi telur dan kapasitas mesin penetas yang akan kita gunakan. Tapi dalam hal ilmu penetasan sebagai peternak akan di uji pengalaman serta ketelatenan dalam proses menetaskanya.

Persiapan Kandang

Kandang ada baiknya memakai sistem sangkar baterai,kandang jenis ini yang sering dipakai untuk beternak ayam petelur. Untuk langkah persiapanya kita sediakan sangkar baterai yang cukup leluasa bagi indukan ahli maupun betina ayam ketawa tersebut. Dengan prinsip lantai dari sangkar ayam ketawa tadi miring sehingga dikala ayam ketawa betina bertelur maka telurnya akan menggelinding dan dikala nya kita tinggal mengambil telur tersebut untuk di tetaskan. Perlu di ingat untuk memasang ban atau busa di ujung penahan telur hal ini berfungsi sebagai penahan dikala telur menggelinding ke luar telur ayam ketawa tersebut tidak jatuh dan sehingga telur kondusif tidak pecah.

Perawatan Anakan Ayam

Perawatan anakan ayamketawa untuk yang pertama ialah pakan dan minum, pakan sanggup di berikan por yang lembut (591) dan untuk minumnya lebih baiknya di beri suplemen, untuk anak ayam ketawa pada umuran tersebut yang perlu diperhatikan ialah suhu ruangan, sebaiknya suhu ruangan di buat hangat yaitu dengan cara kadang di beri lampu listrik 5 watt. Dan juga semoga anak ayam ketawa tidak gampang terjangkit penyakit sebaiknya di vaksin, dan pilihlah vaksin yang kita gampang melakukannya sendiri yaitu dengan cara vaksin melalui tetes mata.Vaksin sanggup diberikan ke ayam ketawa yang gres menetas hingga umur 1 minggu. Usahakan vaksin tersebut benar-benar masuk kemata ayam, dengan cara sehabis diteteskan kemata ayam,pegang dahulu hingga ia mengerjapkan mata berkali-kali, gres kemudian ayam ketawa dilepas. Sedangkan untuk vaksin kelanjutannya yaitu umur 1 bulan hingga dewasa, caranya sama dengan cara kontribusi vaksin pada anak ayam ketawa.
Untuk ayam ketawa pada umuran 4 bulan kontribusi pakan por 591 hendaknya mulai dikurangi, yaitu dangan cara por dicampur beras merah atau jagung slep. Pada anakan ayam ketawa umuran tersebut mulai mencar ilmu berbunyi, dan perawatannya selain di berimakan, minuman ayam masih tetap di capur dengan suplemen.

Perawatan Ayam Dewasa

Untuk menghasilkan ayam ketawa yang baik, sehat dan mempunyai bunyi yang anggun tentunya ada beberapa tips perawatan dan latihan untuk menghasilkannya. Berikut ini beberapa tips cara merawat dan melatih ayam ketawa :

  • Bersihkan sangkar ayam ketawa secara rutin. Perhatikanlah kebersihan kandang, hal ini penting alasannya kebersihan sangkar sangat kuat terhadap sehat tidaknya ayam ketawa. Jika sangkar kotor maka ayam akan rentan terkena penyakit. Selain itu dengan sangkar yang higienis menciptakan ayam mempunyai nafsu makan yang baik.
  • Usahakan untuk memandikan ayam ketawa paling tidak 3 hari sekali. Hal ini semoga menjaga badan ayam ketawa semoga tetap higienis dan segar. Setelah dimandikan, jemurlah ayam ketawa kurang lebih 30 menit.
  • Sebaiknya ayam ketawa mempunyai kawasan bertengger. Hal ini alasannya sifat alamiah ayam yang suka naik ke atas. Dengan mengkondisikan lingkungan sekitar ayam ketawa yang baik, maka pertumbuhan ayam ketawa akan baik dan tidak gampang sakit.
  • Nah untuk melatih atau memacu ayam ketawa semoga mau berkokok ialah dengan memperdengarkan bunyi kokokan ayam ketawa lain. Pilihlah audio ayam ketawa yang mempunyai bunyi bagus, kemudian perdengarkanlah bunyi kokok tersebut sehingga ayam ketawa milik anda akan terpacu untuk ikut bersuara, sekalipun tidak sanggup ibarat namun sanggup melatih keberanian ayam ketawa milik Anda.
Baca juga:
Demikian tadi pengetahuan tentang Cara Praktis Membudidayakan Ayam Ketawa dan menguntungkan mungkin itu saja yang sanggup saya shere kepada anda semua semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda di TuguTani agar kami daat mengetahui beberapa hal yang menjadi persoalan ataupun sesuatu yang perlu anda ketauhui terimakasih...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top