Pernahkah Anda mendengar kapulaga? Tentu saja bagi Anda yang sering memakai materi herbal sudah tidak abnormal lagi dengan tanaman kapulaga. Tanaman ini sudah terknenal keseluruh penjuru dunia sebagai materi obat-obatan alami. Manfaat kapulaga memang baik untuk kesehatan jadi tidak heran jikalau banyak yang sudah menggunakannya.

Kapulaga merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan jahe. Kapulaga sanggup tumbuh subur di kawasan tropis oleh lantaran itu sangat anggun di tanam di negara kita. Menurut banyak sekali sumber, kapulaga berasal dari India, dan di luar negri tanaman ini biasa disebut cardamom.

Cara Menanam Kapulaga


 Tentu saja bagi Anda yang sering memakai materi herbal sudah tidak abnormal lagi dengan t Cara Menanam Kapulaga Dan Manfaatnya Sebagai Tanaman Obat

Selain sebagai tanaman obat, Anda juga sanggup menanam kapulaga di dalam pot sehingga sanggup berfungsi sebagai media hijau yang mentegarkan mata. Tanaman kapulaga sangat baik ditanam dalam suhu yang hangat yaitu kurang lebih 22 derajat celcius. Jika kapulaga berada pada suhu yang terlalu hambar maka tanaman ini akan mati. Salah satu alternative pilihan yang anggun untuk menanam kapulaga yakni di kamar mandi lantaran sanggup menjaga kehangatan dan kelembaban tanaman ini.

Lantas bagaimana cara menanam kapulaga? Simak ulasan di bawah ini menyerupai yang dilansir dari vemale.com.

Sediakan pot yang besar
Jika Anda berencana menanam kapulaga di dalam rumah, sebaiknya siapkan pot dengan ukuran yang besar lantaran tanaman ini sanggup tumbuh hingga setinggi tiga setengah meter. Dan juga pastikan untuk meletakkan pot pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara eksklusif atau tempat yang teduh.

Pemilihan media tanah
Sebaiknya pilihlah tanah yang subur yang sanggup menjaga kelembaban sehingga akar tanaman sanggup terus basah. 

Penanaman bibit kapulaga
Setelah Anda mendapat tanah yang subur maka segera masukkan ke dalam pot untuk melaksanakan penanaman kapulaga. Tanamn kapulaga dengan kedalam 4 cm dan siram tanah tersebut sesudah melaksanakan penanaman.

Perawatan kapulaga
Untuk perawatan kapulaga sehari-hari, cukup siram tanaman tersebut secara rutin dan teratur semoga tanah tidak mengering. Untuk penggunaan pupuk, Anda sanggup memakai pupuk yang tinggi nitrogen dan rendah potassium. Namun jikalau Anda menanam dalam ruangan, maka kurangi frekuensi pemupukan.

Masa panen kapulaga
Biji kapulaga sanggup di panen pada usia tiga tahun, namun untuk daunnya sanggup dipetik setiap ketika sebagai pembungkus makanan. Makara untuk sanggup memakai biji kapulaga sebagai materi obat-obatan Anda harus sedikit bersabar. 

Berikut ini beberapa manfaat kapulaga yang sanggup Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh.
  • Baik untuk darah, bagi penderita hipertensi, kapulaga sangat baik sekali lantaran sanggup meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi darah. Selaiin itu, kapulaga juga sanggup mencegah pembekuan darah dengan menghentikan agregasi platelet.
  • Baik untuk tulang, kapulaga sanggup membantu mencegah osteoporosis lantaran mengandung dua zat penting yaitu mangan dan vitamin C yang sangat diharapkan untuk kesehatan tulang.
  • Analgesik, kapulaga merupakan salah satu obat tradisional analgesik yaitu penahan rasa sakit serta sanggup membantu mengatasi kontra nyeri sendi, nyeri oto dan kejang. Selain itu kapulaga juga mempunyai sifat anti inflamasi dan sanggup mengatasi gusi bengkak.
  • Baik untuk ginjal, dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa kapulaga mempunyai sifat diuretik dan sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Kapulaga juga bermanfaat mengatasi penyakit lain dari susukan kemih menyerupai nefritis dan sistitis.
  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kapulaga sanggup meningkatkan kekebalan badan yang diharapkan untuk melawan kuman dan pantogen lainnya.
Makara tidak ada salahnya jikalau Anda mempunyai sendiri tanaman obat kapulaga, sehingga jikalau sewaktu-waktu diharapkan Anda tidak perlu repot mencarinya. Selain kapulaga, Anda juga sanggup mencoba manfaat buah naga yang juga sangat baik untuk kesehatan badan sehari-hari. Tertarik untuk mencoba cara menanam kapulaga diatas?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top