Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Tanah | Ikan gurame yaitu jenis ikan yang hidup di air tawar yang mulai ramai dibudidayakan, jenis ikan ini mempunyai ukuran yang lebih besar di banding dengn jenis ikan air tawar lainnya dan mempunyai harga yang lebih mahal, berikut ini akan menmberikan warta perihal bagaimana berternak ikan gurame di kolam tanah.


Cara Budidaya Ikan Gurame 

Dalam membudidayakan gurami yang di butuhkan yaitu ketersedian air yang mencukupi untuk membudidayakan, lantaran dalam berternak ikan gurame ini membutuhkan pasokan air yang lumaan banyak berikut langkah langkah yang perlu di lakukan dalam membudidayakan ikan gurami

Persiapan Kolam

pembuatan kolam usahakan di tempat yang terbuka dan mendapat sinar matahari penuh, sehabis mendapat tempat yang pas sebaiknyak kolam tanah dibentuk lebih dalam dengan ukuran maksimal 80 cm biar sanggup menampung air lebih baik alasannya yaitu kolam budidaya ikan gurame dan untuk ukuran ideal kolam biasanya 4 x 6 meter persegi, setelah penggalian kolam selesai laisi permukaan kolam dengan terpal atau plastik selebar kolam yang akan di buat yang bertujuan supaya air yang ada didalam kolam meresap kedalam tanah, barulah kini tinggal memasukan air kedalam kolam denga ketinggian volume air sekitar 70cm dan jangan lupa untuk memperlihatkan saluran pembuangan supaya menghindari meluapnya air yang di sebabkan dari hujan.


Sebaiknya kolam yang dibentuk erat dengan rumah biar sanggup diawasi dari segi teknis perawatan.

Penebaran Bibit

Pada umumnya penebaran benih sama dengan yang dilakukan pada jenis ikan lainnya, seperti proses pembiasaan terlebih dahulu dengan menampung sementara pada wadah seperti kolam atau bejana yang di isi dengang  air kolam selama 30 menit. 


Penebaran benih gurame dilarang sembarangan atau terburu - buru dalam memesukan ke kolam budidaya, ikan gurame harus dilakukan sangat hati - hati biar benih ikan gurame tidak stres. Sebab ini sanggup menggangu nantinya dikala benih gurame dilakukan proses 
selanjutnya dan buatlah ikan supaya damai didalam kolam tersebut. Pemeliharan benih gurame didalam kolam harus selalu di awasi atau di kontrol karena pada tahapan ini bibit gurame masih rentan dengan jumlah kematian, lantaran belum beradaptasi dengan sempurna di dalam kolam yang baru.

Pemeliharaan

Tahapan dalam pemeliharan ikan gurame salah satunya yaitu derma pakan ikan. Pemberian pakan ikan gurame ada beberapa tahap yakni pakan untuk bibit, pakan untuk memacu pertumbuhan dan pakan untuk gurame indukan. Pakan untuk anakan sebaiknya diberi pellet yang berukurannya kecil-kecil. Pakan gurame cendekia balig cukup akal sanggup diberi pellet dan daun keladi dan juga dengan sayuran hijau menyerupai kangkung, selada dan kubis dan lain sebagainya. Pemberian pakan sebaiknya diberi dua kali sehari pagi hari dan sore hari, dan juga harus selau memperhatikan kolam seperti, menyidik kuota air, suhu dan pH air, dan pada malam hari hindarkan ikan dari cahaya yang sifatnya terlalu jelas menyerupai senter, ikan dilarang terkena cahaya yang berlebihan, lantaran cahaya sanggup mengakibatkan ikan stres dan berakhir dengan kematian.

Panen

Untuk pemanenan ikan gurame dapat dilakukan sehabis ikan gurame sudah berumur sekitar 1 tahun atau bedasarkan berat ikan per satu ekor sekitar 700-800 gr  memeng cukup usang untuk waktunya tapi seimbang dengan laba yang kita peroleh mengiat harga ikan gurame mempunyai harga yang tinggi.

demikian tani warta tentang Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Tanah semoga bermanfaat bagi anda yang membaca dan jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya yang ada di web lainnya. Terimakasih.....

Baca juga:




0 komentar:

Posting Komentar

 
Top