Sambung nyawa atau daun dewa merupakan salah satu tumbuhan obat yang sanggup Anda tanam sendiri di pekarangan rumah. Sehingga kalau suatu ketika kita membutuhkannya tidak perlu repot untuk mencarinya. Daun yang kuasa mempunyai nama latin gynura divaricata, sanggup tumbuh dengan ketinggian mencapai sekitar 30-40 cm.  Memiliki batang daun yang lunak berbentuk segi lima dan merupakan tumbuhan yang tegak.

Daun yang kuasa sanggup badan subur pada tempat dataran rendah hingga ketinggian 1.200 m dpl. Juga sangat baik ditanam pada tempat yang beriklim sedang hingga basah. Penanaman daun yang kuasa tergolong cukup mudah, penanamannya dilakukan dengan stek batang dan tunas akar. Stek batang dilakukan dengan cara memotong bab bawah batang dengan posisi miring semoga akar sanggup tumbuh banyak.

Cara Menanam Daun Dewa


 merupakan salah satu tumbuhan obat yang sanggup Anda tanam sendiri di pekarangan rumah Cara Menanam Daun Dewa Sambung Nyawa

Untuk sanggup menanam daun yang kuasa secara maksimal, Anda sanggup memakai media tanah yang dicampur pupuk sangkar atau kompos. Berikan pupuk kurang lebih 3-7 hari sebelum penanaman. Perawatan dengan melaksanakan penyiraman secara rutin juga harus dilakukan. Jika tidak, maka daun akan menjadi layu dan rusak.

Manfaat daun yang kuasa memang sangat baik untuk kesehatan, menyerupai halnya manfaat buah naga dan materi herbal lainnya. Kaprikornus tidak ada salanya kalau Anda mempunyai tumbuhan ini disekitar rumah. Seperti yang dikutip dari vemale.com, berikut ini tahapan penanaman sambung nyawa secara berurutan mulai dari persiapan lahan hingga masa panen.

Persiapan lahan
Buat bedengan-bedengan dengan lebar sekitar 2 meter, bedengan tersebut digunakan sebagai media tanam dengan ukuran 20 x 20 x 20 cm.

Pembibitan
Ada dua macam pembibitan daun dewa, ialah stek batang dan tunas akar. Untuk stek batang, pilihlah batang yang mempunyai panjang antara 15-20 cm dan cara memotong miring batang bab bawahnya kemudian dibenamkan sepertiga batang ke dalam media tanam. Untuk tanahnya gunakan tanah yang telah dicampur dengan pupuk sangkar dengan perbandingan 70:30 atau 50:50.

Sedangkan kalau memakai tunas akar, proses persemaian kurang lebih selama 3 bulan. Selama proses persemaian ini, Anda sanggup menyiramnya secara rutinsetiap hari. Cara ini merupakan cara yang sangat gampang untuk menanam daun dewa.

Penanaman
Hasil dari pembibitan stek daun yang kuasa sanggup ditanam sehabis berumur 3 bulan. Anda sanggup eksklusif menanam umbi tumbuhan ini dan hanya dalam beberapa hari saja akan mulai tumbuh anakan di atas umbi-umbi tersebut. Pisahkan anakan dari umbinya untuk Anda tanam sendiri sehabis tingginya mencapai 15-20 cm.

Penanggulangan hama dan penyakit
Untuk melindungi daun yang kuasa dari hama menyerupai ulat jengkel dan kumbang psylliodes sp, atau hama lainnya, pangkas daun yang telah rusak, berlubang, dan daun yang menyentuh tanah. Anda sanggup memakai insektisida sintetis menyerupai Dikhlorvos atau Fentrotion dengan takaran 1 ml atau 1 gram per liter kalau terjadi ledakan hama.

Masa panen
Pemanenan daun yang kuasa sanggup mulai dilakukan pada usia 4 bulan. Petik atau pangkas daun sebanyak 4-5 helai kearah puncak. Pada batang bekas pangkasan daun tadi akan tumbuh tunas-tunas gres yang sanggup dipanen kembali secara bertahap.

Daun yang kuasa sanggup dipanen dalam waktu yang tidak terlalu usang sehingga Anda sanggup segera mencoba khasiatnya untuk mengatasi banyak sekali macam gangguan kesehatan. Untuk menjaga badan tetap sehat, Anda juga sanggup mencoba manfaat beras merah yang lebih baik dari pada beras putih pada umumnya. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top