Cara Menanam Timun Dengan Praktis Dan Berbuah Lebat | Timun yakni tumbuhan jenis buah tatapi sanggup juga di jadikan sebagai jenis sayur sayuran menyerupai misalnya yang terdap pada jenis jajanan menyerupai acar timun, mie ayam dan bakso, untuk menanam timun tidaklah terlalu susah dan tidak membutuhkan waktu usang alasannya yakni tumbuhan timun hanya berumur kurang lebih 2-3bulan saja.



Menanam Timun Agar Berbuah Lebat

Hal penting yang perlu di lakukan dalam penanam timun yakni tanah dan iklim, lahan yang cocok ditanami timun yakni dengan ketinggian kawasan 300 – 800 m dari permukaan maritim dan Ketinggian kawasan ini sangat terkait dengan iklim setempat, tanah yang elok untuk ditanami timun menyerupai tanah yang gembur.
Berikut cara menanam timun yang sanggup anda lakukan
Dalam menyipkan lahan untuk menanam timun yang pertama perlu dilakuka adalah



Menyiapkan Lahan




menggemburkan lahan dengan cara mencakul atau membajak lahan hingga menjadi gembur dan di buat gulutan atau gundukan yang bertujuan untuk kawasan di tanamnya timun tanaman, timun juga sanggup tumbuh didataran rendah dan di dataran tinggi.
Lahan tanam timun yang baik untuk membudidayakan yakni lahan kering berpengairan cukup menyerupai lahan tadah hujan, lahan terasering, lahan gambut yang telah diperbaiki,atau lahan berair bekas menanam padi. biar tumbuh dan berproduksi dengan baik tumbuhan timn harus ditanam di lahan terbuka yang terkena sinar matahari penuh.


Bibit dan Persemaiyan

Yang pertama dilakukan dalam budidaya timun yakni persiapan bibit sebelum melaksanakan penanaman bibit timun sebaiknya dilakukan tahapan sebagai berikut.

  • Bibit timun direndam dalam larutan air hangat dicampur dengan nutrisi selama kurang lebih selama 15 menit 
  • Mebuang benih yang mengapung dan benih yang terendam direndam selama 24 jam. 
  • Pindahkan ke lipatan kain berair selama 12 jam hingga bakal akar muncul. 
  • Setelah akan sudah muncul, benih sanggup ditanam pribadi di kawasan yang telah disiapkan. 


Setelah melaksanakan persiapan menyerupai diatas tadi berlanjaut ke proses penyemaiyan dengan cara memindahkan bibit timun tadi ke polibag yang berisi media tanam. Bibit yang sudah berbentuk kecambah di masukkan kedalam sehabis itu ditempatkan di kawasan yang terlindung dari sinar matahari pribadi dan hujan, lakukan juga penyirama 2 hari sekali selama 12 hari hingga bibit timun tumbuh 2-3 helai daun. Saat itu tumbuhan timun siap untuk dipindahkan ke lahan penanaman



Penanaman Dan Perawatan

Tanamlah bibit timun yang ada polibag tadi ke kedalam lubang tanam kemudian tutup dengan tanah masukkan masing-masing satu. Siram setiap pagi dan sore hari sehabis 2 hari biasanya benih yang ditanam sudah mulai tumbuh dan bertunas agak lebih tinggi.
Perawatan yang diharapkan dalam budidaya tumbuhan timum pemangkasan daun dilakukan sehabis 3 ahad dan kalau ada tumbuhan yang mati segera diganti dengan tumbuhan yang baru.



Perawatan lahan sebaiknya dengan cara pencucian rumput liar dan pemupukan. Pupuk yang diharapkan untuk tumbuhan mentimun yakni urea, ZA, dan KCL. Penggunaan pupuk organic menggantikan pupuk kimia sanggup juga dilakukan.


Untuk mendapat buah yang baik, sebaiknya pasang lenjer atau turus terbuat dari bambu. Pasang satu lenjer bambu untuk setiap lubang tanam kemudian ikatkan setiap empat lanjer bambu pada ujung tumbuhan gunanya untuk merambatkan tumbuhan timun.
Hal terpenting dalam perawatan pohon timun yakni pengendalian hama tumbuhan dalam pengendalian hama sanggup juga memakai pestisida dengan cara menyemprot pada tumbuhan timun lakukan penyemprotan valing tidak seminggu sekali.


Pemanenan




Buah timun sanggup di panen pada umur 60 hari dan pemanenan dilakukan beberapa kali secara sedikit demi sedikit sanggup dilakukan setiap dan hari setiap pohon terdapat 1-2 buah yang sanggup di petik, waktu pemanenan sebaiknya di lakukan pada sore hari alasannya yakni pada siang hari tumbuhan masih melaksanakan fotosintesis, pada keadaan demikian penguapan sedang tingi-tingginya sehingga buah timun yang dipetik akan cepat layu.Hasil yang sanggup diperoleh buah timun yang baik sanggup mencapai 30 ton per hektar. Mentimun hasil panen harus diletakkan di kawasan sejuk alasannya yakni buah timun akan cepat kehilangan kandungan air. Setelah dipanen, biasanya mentimun di pack dalam kawasan yang memiliki sirkulasi udara atau dimasukkan karung untuk dijual.

Baca juga :


  • cara Menanam Buah Tomat
  • Cara Menanam Terong 
  • Tehnik Menanam Jagung


  • Demikiuan tadi pembahasan perihal Cara Menanam Timun Dengan Praktis Dan Berbuah Lebat yang ada di semoga bermanfat dan terimakasih

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Top