Tips Ampuh Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi Sahabat perlu anda diketahui bahwa hama wereng merupakan salah satu hama yang sangat ditakuti petani,seperti yang diketahui para petani bahwa hama wereng sangat sulit dikendalikan, hal ini disebabkan lantaran para petani biasanya mengetahui serangan wereng sesudah terjadi serangan parah. berikut Tips Ampuh Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi silahkan simak dibawah ini.




Membasmi Hama Wereng


Lakukan Pencegahan

Hama wereng dapat menyebaran sangat cepat dan ganas sebagai hama tumbuhan padi yang sangat sulit untuk diberantas lantaran berada pada panggal daun padi. Wereng merupakan serangga penghisap tumbuhan, dalam melaksanakan pencegah serangan hama wereng perlu dilakukan beberapa tindakan pencegahan diantaranya:

  • Bersihkan rumput liar,yang ada di aera sawah dan pada pematang sawah.
  • Kurangi penggunaan pestisida secara tidak tepat.
  • Memilih bibit yang varietasnya tahan wereng menyerupai Ciherang, Mekongga, dan Melati.
  • Mengamati tumbuhan dari serangan wereng pada batang tangkai setiap dua hari.
Biasanya para petani melakukan pembasmian hama wereng ketika tanaman padi sudah terserang parah maka dari itu di perlukan tindakan pencegahan seperti di atas untuk lebih mengurangi penyebaran hama wereng yang menyerang tanaman padi.Bisa juga memakai alternatif lain sebagai berikut.

Menggunakan Pestisida Kimia

Penggunaan pestisida yang salah atau tidak sempurna target malah akan meningkatkan serangan hama wereng dan juga terjadi pemborosan uang serta tenaga kerja. Penggunaan peptisida perlu di kombinasikan antara peptisida dengan system kerja kontak dan sistemik. Kombinasi ini menjadikan kerja yang maksimal untuk membunuh hama wereng dengan baik. Untuk mendapatkan pestisida pembasmi wereng sendiri sudah banyak tersedia di toko pertanian di sekitar anda.


Menggunakan Pestisida Alami

Dalam mengusir hama wereng anda sanggup menciptakan peiastisida alami, yakni pestisida yang dapat diracik sendiri, Cara meraciknya yakni sebagai berikut

Bahan :
  • Bawang putih 10 siung
  • Daun sisrsak 2 ons
  • Rimpang jeringau 2 ons
  • Daun tembakau kering 2 ons
  • Sabun colek 1 sendok makan
  • Air 3 liter (2 liter air masbodoh dan 1 liter air mendidih)  
Cara mebuatnya yang pertama haluskan bawang putih, daun sirsak, rimpang jeringau ditumbuk hingga halus rendam tembakau dengan 1 liter air panas dan diamkan 1 malam lalu masukkan semua materi yang sudah di haluskam tadi kedalam ember masukkan air masbodoh 2 liter dan sabun colek lalu aduk hingga benar benar tercampur rata dan diamkan selama 2 malam racikan tadi selanjutnya disaing dengan kain halus dan siap di gunakan.



Setiap 1 liter air racikan saringan diencerkan dalam 15 liter air, lalu disemprotkan merata ke pecahan bawah tumbuhan padi. 
Dengan penggunakan peiastisida alami ini lebih ramah lingkungan dan tidak ada pengaruh samping pada tanaman padi di banding dengan menggunakan pestisida kimia

Baca juga artikel terkait lainnya di bawah ini:
Itu tadi info wacana Tips Ampuh Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi yang telah di paparkan semoga dapat menambah wawasan dan membantu mengatasi duduk kasus pertanian anda dan terimakasih. salam .....!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top