Cara Menangani Hama Tikus Di Sawah Deangan Tepat Tikus ialah salah satu hama yang sangat menganggu dan merupakan bahaya serius yang di hadapi para petani padi, bahkan flora lainnya dan hama tikus juga sanggup menjadikan kegagalan panen bahkan akan menjadikan final hidup pada flora padi.


Pengendalian Hama Ttikus Pada Tanaman Padi

Hama tikus ini akan menyerang belahan batang yang akan menjadikan flora rusak, pengendalian hama tikus ini sebetulnya sangat bermacam-macam jenis mulai dari memakai baham kimia maupun materi alami, serta pembuatan perangkap pun sanggup untuk mengatasi tikus tersebut. Namun ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi atau pengendalian hama tikus ialah sebagai berikut :
  • Singkong dikupas, dan diparut diaduk dengan air kelapa hijau kemudian dikukus jangan terlalu panas sangka-kira 40 derajat, letakkan dilubang yang sering dilewati Tikus supaya dimakan. Memang tikus yang memakannya tidak eksklusif lenyap atau pergi menjauh kawasan tersebut namun menjadi mandul beserta tidak berkembang pesat kemudian mati sebab umur tikus yang tidak panjang.
  • Buah kolang-kaling muda, dicacah letakkan dilubang/jalan tikus. Tikus yang terkena akan gatal-gatal dan akan mencari temannya. Ketika temannya tersenggol akan ikut gatal pun sehingga Tikus akan gatal-gatal massal, hingga jadi gerombolan tikus akan pindah.
  • Buah Maja, dibelah jadi 4 belahan atau 8 bagian, ditaruh di pinggir sawah.
  • Buah Mengkudu,Persiapkan dua atau tiga buah mengkudu. Potonglah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian. Letakkan mengkudu tersebut dalam wadah berisi potongan mengkudu di kawasan yang sering dilalui tikus. Nah, anyir yang menyengat dari buah mengkudu akan menciptakan tikus angkat kaki dari rumah. Makin renta buah mengkudunya makin bagus.
  • Buah Durian, Persiapkan dua atau tiga buah durian. Potonglah durian menjadi beberapa potong. Bagian yang enak, makanlah saja. Kemudian, letakkan potongan kulit durian tersebut di kawasan yang sering dilalui tikus. Nah, anyir yang menyengat beserta kulit yang berduri dari durian akan menciptakan tikus angkat kaki dari rumah.
  • Batang Tanaman Berduri Tajam,Ada beberapa type flora baik berkayu maupun tidak yang berduri tajam, contohnya pelapah salak bersama beberapa model batang flora hias berduri. Letakkan beberapa potong flora khususnya yang berduri sangat tajam di kawasan tikus biasa berkeliaran. Tikus akan segan melewati kawasan itu sebab sakit jikalau terkena duri tajam.
  • Kulit Jengkol, kisah petani rawa lebak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan bersama Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, di masa silam. Mereka mengumpulkan kulit jengkol Phitecellobiumlobatum dari ladang, pasar tradisional, atau dapur kemudian membuatkan di sawah. Dengan cara itu sawah bebas dari serangan tikus. Itu teknik usang mengusir tikus yang dipakai bebuyutan petani di Tanah Banua.
  • Buah Bintaro, tikus rumah tergolong mamalia cerdik. Ketika menjumpai, makanan, tikus merasakan bertahap buat mengetahui reaksi dalam tubuh. Bila tidak terjadi reaksi apa juga, ia melanjutkan menyantap makanan. Sebaliknya, jikalau merasa ada yang tidak beres, ia menghindari masakan itu lagi.
  • Pengarbitan dengan cara memasuk kan karbit kedalam sarang tikus efektif bertujuan untuk membutuh tikus remaja dan anak- anaknya di dalam sarang, lakukan pemenutup lubang dengan lumpur dan mendiamkan beberapa hari, biar tikus mati di dalamnya tanpa mengeluarkannya.
  • Memanfaatkan musuh alami, cara ini memang sangat gampang untuk membasmi atau membunuh tikus dengan cepat. Biasanya musuh alami dari tikus sawah ialah tipe pemangsa yaitu ular, burung hantu, burung elang, kucing, anjing dan lain – lain
  • Pemberian racun tikus yang di campurkan beberapa masakan yang di sukai tikus, racun tersebut biasanya sanggup di dapatkan di tokoh terdekat dan dukungan takaran sesuai dengan petunjuk.
Baca juga:
Demikian tadi Informasi tentang Cara Menangani Hama Tikus Di Sawah Deangan Tepat semoga bermanfaat 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top