Cara Ternak Kacer Dengan Cepat Bertelur Untuk Pemula | Burung kacer kini ini mulai di sukai oleh banyak orang alasannya yakni keindahan suara kicauannya, selain kicauannya burung kacer ini juga termasuk burung hias terlihat dari warna bulunya yang indah, alasannya yakni dengan keindahan kicauanya para kalangan pecinta kacer melaksanakan perlombaan.



Cara Ternak Kacer Cepat Bertelur 

Beternak burung kacer memang menguntungkan, untuk berhasil dalam beternak kacer membutuhkan banyak hal, termasuk ketelitian, memiliki kemauan yang besar, ketelatenan, kesabaran, dan tentunya kesungguhan untuk beternak kacer. Beternak kacer intinya cukup mudah, yaitu kemauan yang besar untuk beternak kacer dan punya ilmu dan teknik yang benar. Jika ingin beternak kacer maka ada baiknya anda membaca artikel sanggup membantu mengenai bagaimana cara ternak kacer sangkar gantung cepat bertelur untuk pemula sanggup berasil, eksklusif saja kita ke topik pembahasan.


Pemilihan Indukan

pertama yang harus anda perhatikan dalam menentukan indukan kacer yang anggun sebelum beternak yakni sebagai berikut : 



Induk Betina
Yang pertama dalam menentukan kacer betina harus yang berusia sekitar 1 atau 2 tahun alasannya yakni ini merupakan usia yang ideal bagi kacer untuk ber-reproduksi, cek juga kondisi kesehatan burung dan pawakan burung tersebut kelihatan bagus.
syarat yang harus lakukan bila anda inginkan bibit yang baik yaitu, burung tersebut harus jinak dan tidak penakut, sehingga lebih gampang untuk merawatnya serta tidak gampang stress, jangan memilihan induk betina yang cacat fisik.

Induk Jantan
Dalam indukan jantan sama menyerupai menentukan induk betina, anda juga harus menentukan induk jantan yang juga tidak takut terhadap insan dan tidak terlalu kurus,
Indukan jantan sebaiknya berusia 2 tahun dan sudah cukup matang untuk melaksanakan perkawinan.

Pembuatan Kandang 

Kandang atau sangkar untuk beternak kacer yang harus anda perhatikan sebelum beternak kacer yakni menciptakan sangkar yang tepat. 


Untuk kretiria sangkar yang baik yakni sangkar yang sanggup menciptakan kacer merasa leluasa dan nyaman, sehingga sanggup mempercepat proses reproduksi. Untuk pembuatanya sanggup dari materi yang berpengaruh dan abadi langkah langkahnya sebagai berikut :
  • Kandang yang dipakai untuk menangkarkan burung kacer sebaiknya bentuk tertutup yang mengunakan rangka kayu papan dan depannya memakai ram kawat, bab atas sanggup dibuatkan atap dari asbes. Ukuran yang dipakai cukup variatif mulai dari ukuran panjang 150 - 200 cm, lebar mulai ukuran 90 - 100 cm, dan tingginya 180 - 200 cm. jangan lupa untuk menambahkan pintu yang berfungsi untuk mengontrol dan memperlihatkan masakan / air minum.
  • Membuatkan daerah sarang sanggup terbuat dari kotak kayu, dengan ukuran ukuran 20 cm persegi, sanggup juga dibuat dengan potongan batang pohon kering yang diberi lubang dengan diameter volume 12 – 15 cm, penempatan sarang sanggup diletakkan di sudut belakang sebelah atas, alasannya yakni lokasi tersebut lebih damai dalam mengerami telurnya. 
  • Menyediakan daerah mandi bagi kacer dan jangan lupa juga daerah makan minumnya.
  • Bahan sarang, sanggup dari materi tangkai daun sengon, sabut kelapa, ijuk pohon aren atau daun cemara, untuk materi sarang cukup disebar di dasar kandang, sebagian lagi di taruh di daerah sarang supaya burung kacer menciptakan sendiri sarangnya. 
  • Setelah proses perkawinan burung kacer biasanya akan menciptakan sarangnya sendiri dari materi yang sudah di siapkan tadi pada tempatnya, jumlah telur burng kacer paling banyak biasanya 3 butir dan membutuhkan proses pengeraman selama 14 hari.


Penjodohan

Balam penjodohan tidak terlalu mudah, Untuk teknik dalam penjodohan indukan kacer anda sanggup melaksanakan tahapan tahapan menyerupai masukkan indukan kacer jantan dalam ke dalam sangkar kemudian masukkan indukan kacer betina ke dalam kandang, tunggu reaksi kedua indukan kacer tersebut apakah sudah terlihat akur apa belum, untuk ciri-ciri indukan kacer sudah terlihat akur yakni kacer jantan akan terus berkicau sambil mendekati sang betina, dan ciri-ciri si betina meresponnya dengan turun ke dasar sangkar sambil berkicau khas kacer betina. Biasanya kalau belum jodoh sang betina akan menghindar dan menjauh kepada kacer jantan.

Pengeraman

Proses lamanya waktu pengeraman kacer sekitar 14 hari (2 minggu), dan daya tetas telur tergantung dari kondisi lingkungan dan betina itu sendiri dan dalam masa pengeraman indukan kacer membutuhkan kenyamanan dan ketenangan di sangkar dan sekitar kandang. Pastikan bebas dari gangguan tikus, kucing, semut, atau jenis hewan yang mengganggu lainnya. Sebelum telur menetas (sekitar 2 hari sebelum menetas) perbanyaklah memberi masakan seper kroto. Setelah menetas biarkan indukan kacer memberi makan anakannya dengan koroto,

Perawata Anakan Kacer

Setelah anakan kacer berusia satu minggu, berikan pakan pada anakan kacer yang berumur satu ahad dengan kroto denga cara meloloh atau menyupi dengan alat penjepit dari bambu atau alat lain secara perlahan. jangan lupa untuk meneteskan sedikit air ke kroto sebelum dilolohkan biar mudah, sanggup juga memperlihatkan kroto yang dicampur dengan gabungan por.


Setelah anakan kacer berumur dua ahad ke atas anda sanggup memperlihatkan pakan berupa jangkrik yang sudah buang kaki dan kepalanya. Setelah anakan kacer sudah berumur dua bulan pindahkan anakan kacer tersebut ke dalam sangkar gantung, juga sanggup untuk memberi tangkringan bertingkat biar anakan kacer berguru melompat.

Baca juga:



Demikian tadi langkang langkah wacana bagaimana cara ternak kacer cepat bertelur untuk pemula, semoga bermanfaat bagi yang baca dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus web untuk mendapat banyak sekali macam gosip penting seputar dunia Pertanian dan Petrnakan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top