Tips Menanam Bawang Merang Dihalaman Rumah Menggunakan Polybag | Bawang merahmerupakan salah satu materi pokok dalam kebutuhan dapur yang sangat dibutuhkan,hampir semua kuliner memakai bawang merah ini sebagai kebutuhan sehari hari. Untuk itu  Tujuan menanam bawang merah dalam pot atau polybag biasanya sebagai tumbuhan pekarangan untuk kebutuhan rumah tangga , bukan sebagai perjuangan komersil. 


Menanam Bawang Merang Menggunakan Polybag

Dalam menanam bawang merah dalam polybag adalah terkait ukuran dan jenis pot polybag yang digunakan. bawang merah termasuk tumbuhan monokotil berakar serabut. Satu rumpun bawang merah membutuhkan wadah dengan diameter minimal 10 cm untuk menampung keseluruhan akar. Kedalaman media tanam minimal 15 Cm. Artinya ukuran polybag untuk menanam bawang merah paling optimal ialah polybag 5 Kg. Wadah lain sanggup juga dipakai menyerupai bejana bekas, kaleng cat, atau panci bekas. Wadah sebaiknya dilobangi di bab bawah semoga tidak terjadi penggenangan air. untuk langkah langkahnya sebagai berikut.

Media Tanam


Perispaan media tanam ini , hal yang terpenting ialah media yang di gunakan , pada umunya adonan media budidaya ini memakai beberapa adonan yaitu adonan tanah, kompos, pupuk kandang, sekam padi, arang sekam,dan EM4 untuk fermentasinya. kemudian adonan semua materi bahan tersebut d beberapan diamkan selama 3 hari semakin usang semakin manis hasilnya.
untuk selanjutnya siapkan tempat untuk budidaya , temat ini biasanya berupa pot, bejana yang sudah tak di pakai atau polybag yang berukuran lebih dari 30 cm, semakin besar semakin manis alasannya memiliki tampungan tanah yang lebih .Setelah semuanya siap masukan media tumbuhan tadi kedalam kantong plastic dengan padat ,lalu proses selanjunya dipindahkan bibit yang sudah di semai tadi kedalam media budidaya,  buat lobang pada media budidaya dengan kedalaman 5 cm ,kemudian masukan bibit kedalam lobang tersebut.
Dalam pemindahan bibit semayan sebaiknya dilakukan pada sore hari untuk menghindari layu. Lalu lakukan penyiraman pada media budidaya yang sudah di beri bibit penyemaian.


Meyiapkan Bibit


Dalam menyaapkan bibit sebaiknya gunakan bibit kualits baik, ciri bibit bawang merah yang baik. Karena tujuan kita bukan komersil, maka sanggup juga memakai bawang sayur sebagai bibit, balasannya juga tidak terlalu buruk. Jika kita memakai bawang merah dari dapur, maka pilih siung yang terlihat tua, kulitnya arinya kering tepat dan mengkilap, tidak kisut, juga belum bertunas.

Pemeliharaan

Dalam perawatan pada tumbuhan bawang merah sangat leah penting karene dengan perawatan akna berpengngaruh yang akan di perolah nantinya untuk itu anda sanggup melaksanakan dengan cara dan langkah langkah sebagai berikut.
  • Lakukan penyulaman sekitar 1 ahad sehabis tanam menggantikan tumbuhan yang sudah mati dengan bibit yang baru.
  • Penyiangan sanggup dilakukan dengan membersihkan gulma atau tumbuhan liar yang ada di sekitar tanamana bawang tersebut.
  • Penyiraman sanggup dilakukan dua kali dalam satu haripagi dan sore hari dan jangan hingga terlalu hiperbola sanggup mengakibatkan basi pada akar.
  • Pemupuka juga sanggup dilakukan dengan menunjukkan pupuk kandang, Urea, TSP dan lainnya sesuai dengan takaran.
  • Pengendalian Hama Dan Penyakit harus dilakukan sanitasi dan juga penyemprotan fungisida maupun insektisida kalau sudah mengetahui tanda-tanda serangan.
Baca juga:
Demikian tadi bagaimana Tips Menanam Bawang Merang Dihalaman Rumah Menggunakan Polybag yang dapat di sampaikan semoga bermanfat, baca juga artikel terkait lainnya yang ada di  yang dapat anda lihat di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top