Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik | Ahih ahir ini buah naga mulau banyak orang yang menanam biasanya buah naga banyak ditanam pada halaman depan rumah sekaligus sebagai hiasan  juga ditanam pada halaman belakang. Namun kalau petani lebih serius untuk menekuni tumbuhan ini, biasanya akan menanam buah naga pada lahan yang lebih luas sanggup di kebun atau lahan yang khusus. 


Menanam Buah Naga Cepat Berbuah

Dalam menanam buah naga ada beberapa cara yang sanggup Anda lakukan. Jika Anda ingin menanam buah naga untuk menanam buah naga supaya hasil panen lebih melimpah brikut cara menanamnya.
Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik


Menyiapkan Bibit Buah Naga

Untuk menyiapkan bibit buah naga sanggup dengan cara vegetatif lebih cepat menghasilkan buah. Berikut ini langkah-langkah pemotongan batang buah naga.


Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik


  • Memilih batang yang berdiameter setidaknya 10cm, keras, tua, dan semakin besar diameter batang akan semakin baik, sebab batang tersebut akan jadi batang utama tanaman.
  • Penengambilan cabang buah naga dilakukan terhadap batang atau cabang tumbuhan yang pernah berbuah, hal ini berkhasiat supaya hasil cabang batang sanggup berproduksi lebih cepat seperti dari hasil buah terdahulu.
  • Ptongan batang buah naga yang panjangnya sekitar 80-100 cm ujung belahan atas dipotong rata, sedangkan pangkal bawah yang akan ditancapkan ke tanah dipotong meruncing gunanya untuk merangsang pertumbuhan akar.
  • Potongan batang harus mempunyai setidaknya 5 mata tunas, panjangnya pendeknya batang dapat berpengaruh pada kecepatan berbuah.
  • Membiarkan batang yang telah dipotong tersebut sampai getahnya mengering, apabila pribadi ditanam getah yang masih berair sanggup mengakibatkan busuk batang,  untuk menghindari resiko busuk batang sanggup dengan mencelupkan pada larutan fungisida.
  • Kemudian tancapkan belahan yang runcing  kedalam media tanam sedalam 5 cm.
  • Berikan naungan untuk melindungi batang tersebut jangan lupa menyiram batang yang di tanam tadi sebanyak 2 hari sekali.
  • Setelah 3 ahad tunas pertama mulai tumbuh, naungan atau sungkup harus dibuka supaya bibit mendapat cahaya matahari penuh.

Mebuatkan Tiang Pemanjat

Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik

Untuk menanam buah naga tiang panjat sangat diharapkan untuk menopang tumbuhnya tanaman, tiang panjat harus dibentuk permanen dari beton atau coran bentuk tiangnya sanggup dibentuk pilar segi empat atau silinder dengan diameter sekitar 12-15 cm.
Tinggi tiang panjat untuk menanam buah naga biasanya 2-2,5 meter tiang tersebut ditanam sedalam 50 cm supaya kuat berdiri, bagian ujung atas diberikan penopang berupa batang besi membentuk menyilang lalu tambahkan juga ban motor bekas, lalu tanamkan beton tadi dengan jarak antar 3 meter persegi jarak ini menjadi jarak tanam.

Perawatan Tanaman Buah Naga


Dalam awal pertumbuhan pemberian pupuk di butuhkan untuk meperceat pertumbuhan pemupukan harus mengandung banyak unsur nitrogen pada fase berbunga atau berbuah berikut cara perawatanya

Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik

  • gunakan pupuk yang banyak mengandung fosfor  dan kalium sanggup juga dengan pupuk kompos atau pupuk sangkar dilakukan setiap 3 bulan sekali pada dikala berbunga dan berbuah 
  • berikan pupuk pemanis NPK dan ZK  pada tahun berikutnya perbanyak takaran derma pupuk sesuai dengan ukuran tumbuhan pemanis juga berupa pupuk cair, pupuk hayati atau hormon perangsang buah sanggup diberikan supaya mendapat hasil yang maksimal
  • kemudian lakukan penyiraman tapi jangan dilakukan ketika tumbuhan mulai berbunga dan berbuah pengurangan penyiraman ini bertujuan untuk menekan pertumbuhan tunas gres sehingga pertumbuhan buah sanggup maksimal tetapi penyiraman tetap dilakukan apabila tanah terlihat kering dan tumbuhan layu sebab kurang air.
  • lakukan pemangkasan setidaknya tiga tipe pemangkasan dalam budidaya buah naga, ialah pemangkasan untuk membentuk batangpokok pemangkasan peremajaan dan pemangkasan membentuk cabang produksi pemangkasan dilakukan untuk  membentuk batang pokok  pada batang, bibit tumbuhan yang baik mempunyai batang pokok yang panjang, besar dan kokoh dan hasil pangkasan peremajaan ini sanggup dijadikan sumber bibit tanaman.

Pemanenan Buah Naga

buah naga yang siap panen biasanya mempunyai ciri kulitnya sudah mulai berwarna merah mengkilap dan sungut buah berwarna kemerahan, mahkota buah mengecil dan pangkal buah menguncup dan berkeriput ukuran buah membulat dengan berat sekitar 300-500 gram cara memanen buah naga degan mengunakan gunting atau alat potong yang tajam potong buah pada tangkainya lakukan dngan hati hati jangan sampai mengenai buah mauun batang buah.


Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah Yang Baik


Tanaman buah naga sanggup berumur mencapai 15-20 tahun. buah naga mulai berbuah umur ke 10 sampai 12 bulan terhitung sesudah tanamn amun apabila ukuran bibit tanamannya lebih kecil buah pertamanya sanggup mencapai 1,5-2 tahun terhitung sesudah tanam. 

Demikian tadi  pembahasan kita perihal Tips Menanam Buah Naga  mungkin itu saja yang sanggup saya shere kepada anda semua, Jangan Lupa Baca Juga Tehnik Menanam Jagung Dan Cara Bertani Singkong semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda di Tugu Tani agar kami daat mengetahui beberaa hal yang menjadi dilema ataupun sesuatu yang perlu anda ketauhui terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top